UDiNus Repository

RANCANG BANGUN APLIKASI E-CROP PLANNING UNTUK TANAMAN PADI SAWAH MENGGUNAKAN METODE CONCURRENT DEVELOPMENT MODEL (STUDY KASUS DESA JRAKAH KABUPATEN PEMALANG)

FITRI, WAHYUNINGSIH (2016) RANCANG BANGUN APLIKASI E-CROP PLANNING UNTUK TANAMAN PADI SAWAH MENGGUNAKAN METODE CONCURRENT DEVELOPMENT MODEL (STUDY KASUS DESA JRAKAH KABUPATEN PEMALANG). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3950b) | Preview

    Abstract

    Perencanaan kegiatan tanam padi untuk menunjang produksi padi saat ini sangat diperlukan untuk mengantisipasi masalah kegagalan masa tanam dan kegagalan panen. Informasi tentang periode tanam dan prakiraan cuaca yang up to date diperlukan untuk pengolahan jadwal yang tepat dalam kegiatan bertanam padi. Dalam penelitian kali ini, penulis akan membuat aplikasi perencanaan kegiatan tanam yang dapat menampilkan periode tanam yang tepat dan dilengkapi dengan prakiraan cuaca yang akan berlangsung saat kegiatan tersebut akan dilaksanakan. Sehingga petani dapat mempersiapkan apa saja yang diperlukan saat kegiatan tersebut akan berlangsung. Pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah Concurrent Development, dimana proses pembangunan model ini nantinya dilakukan dengan dua sisi yaitu client dan server. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi e-Crop Planning yang dapat memberikan informasi periode tanam dari Dinas Pertanian yang nantinya dapat diakses oleh petani sebagai acuan dalam menentukan awal tanam. Dan catatan produksi dari setiap pengguna aplikasi agar Dinas Pertanian dapat memantau produksi panen setiap tahunnya.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:40
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:40
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19924

    Actions (login required)

    View Item