UDiNus Repository

PERENCANAAN STRATEGI SISTEM INFORMASI PADA PT. PERTAMINA PATRA NIAGA TERMINAL BBM BOYOLALI MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT DAN BALANCE SCORECARD (BSC)

FIRMANSYAH, PRAYOGA ADJI (2016) PERENCANAAN STRATEGI SISTEM INFORMASI PADA PT. PERTAMINA PATRA NIAGA TERMINAL BBM BOYOLALI MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT DAN BALANCE SCORECARD (BSC). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PT. Pertamina Patra Niaga merupakan anak perusahaan PT. Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang distribusi minyak dan gas. Dalam menjalankan proses bisnisnya mendistribusikan BBM untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, PT. Pertamina Patra Niaga TBBM Boyolali telah memiliki manajemen sistem informasi yang saling terintegrasi pada seluruh divisi. Namun pada kenyataannya, kinerja bisnis perusahaan belum cukup baik dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi para pelanggan bahkan bagi perusahaan itu sendiri, sehingga PT. Pertamina Patra Niaga TBBM Boyolali memerlukan Perencanaan Strategi Sistem Informasi (PSSI) untuk meningkatkan proses bisnis perusahaan yang didesain sejalan dengan tujuan sistem informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, threats) dan Balance Scorecard (dengan empat perspektif yaitu Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, dan Pembelajaran dan Pertumbuhan). Hasil dari penelitian tersebut adalah tersusunnya peta strategi yang memberikan skema dan langkah dari sasaran strategi, serta portofolio aplikasi potensial yang dapat digunakan sebagai rekomendasi perbaikan bagi PT. Pertamina Patra Niaga TBBM Boyolali agar kinerja dan kualitas proses bisnis dapat berjalan tepat sasaran dan sesuai dengan harapan perusahaan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:40
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:40
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19928

    Actions (login required)

    View Item