UDiNus Repository

Penerapan Data Mining Clastering Menggunakan Algoritma K-Means Dalam Menentukan Alokasi Penempatan Buku Perpustakaan Udinus

SURYA, PRASETYAN BAGUS (2016) Penerapan Data Mining Clastering Menggunakan Algoritma K-Means Dalam Menentukan Alokasi Penempatan Buku Perpustakaan Udinus. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3700b) | Preview

    Abstract

    Data transaksi yang terjadi pada perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro memiliki sejumlah data yang cukup besar di dalam suatu basis datanya. Dari sekumpulan data tersebut nantinya akan mengolah menjadi suatu data mining dimana menghasilkan sebuah pengetahuan yang baru. Salah satu teknik di dalam data mining algoritma yang akan digunakan adalah algoritma K-Means untuk mengetahui keterkaitan dari transaksi buku yang terjadi sehari-hari. Yaitu dengan melihat ketertarikan buku yang dapat dijadikan sebagai alokasi penempatan buku pada perpustakaan. Dari hasil analisis, terbentuk tiga cluster yang dapat dijadikan alokasi penempatan buku, yaitu cluster pertama dengan jurusan teknik informasi dengan tingkatan sedang, cluster kedua dengan jurusan sistem informasi dengan tingkatan tinggi, cluster ketiga dengan jurusan manajemen dengan tingkatan rendah. Ketiga cluster tersebut dapat digunakan alokasi penempatan buku perpustakaan dapat mempermudah mencari referensi. Kita dapat menyimpulkan bahwa perpustakaan Udinus harus meningkatkan fasilitas dan pelayanan terpadu bagi para pengguna antara lain dosen ataupun mahasiswa.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:40
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:40
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19936

    Actions (login required)

    View Item