UDiNus Repository

Analisis Tata Kelola Proses Evaluasi Keamanan Informasi (DSS05) pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jepara

FIRSTY, CHANDRA NOFITA (2016) Analisis Tata Kelola Proses Evaluasi Keamanan Informasi (DSS05) pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jepara. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Poin terpenting yang menjadi permasalahan penelitian adalah pelayanan, keamanan informasi dan kapabilitas LPSE. Berbagai penelitian kemudian dikembangkan guna mendukung rencana peningkatan tersebut. Berdasarkan penilaian sebelumnya terkait pelayanan LPSE kepada penyedia barang/jasa masih ditemukan masalah mengenai atribut jaminan keamanan yang diberikan. Maka dari itu diperlukan sebuah kegiatan analisis tata kelola TI terkait pengelolaan layanan untuk menjamin keamanan informasi para penyedia barang/jasa. Dengan adanya pengukuran kinerja ini selanjutnya dapat menghasilkan temuan yang dapat digunakan LPSE Kabupaten Jepara sebagai referensi untuk meningkatkan pengelolaan TI mengenai layanan keamanan informasi agar mendukung tujuan bisnis organisasi yang lebih baik. Dari hasil studi dokumen, kuesioner, dan wawancara berdasarkan COBIT 5 dihasilkan level kapabilitas tata kelola proses layanan keamanan informasi penyedia barang/jasa (DSS05) pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jepara saat ini adalah 2 yaitu Managed dengan status Largely Achieved sebesar 79% atau setara dengan nilai 2,79% yang berarti bahwa pengkomunikasian terkait perencanaan dari performa proses layanan keamanan informasi masih belum dikelola dengan baik. Dan untuk mencapai level kapabilitas 3, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jepara melakukan perbaikan secara bertahap dari proses atribut level 1 sampai dengan 3.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:40
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:40
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19940

    Actions (login required)

    View Item