UDiNus Repository

ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PROSES BISNIS (DSS06) PENGIRIMAN BARANG PADA PT. PANDU SIWI SENTOSA SEMARANG BERDASARKAN KERANGKA KERJA COBIT 5

LETTY, ANGGRAINI (2016) ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PROSES BISNIS (DSS06) PENGIRIMAN BARANG PADA PT. PANDU SIWI SENTOSA SEMARANG BERDASARKAN KERANGKA KERJA COBIT 5. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PT. Pandu Siwi Sentosa merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan jasa dengan memanfaatkan peranan teknologi informasi dalam operasional perusahaannya. Untuk itu perusahaan PT. Pandu Siwi Sentosa harus mengetahui sejauh mana peranan teknologi informasi telah dapat merepresentasikan tujuan bisnis organisasinya, dengan melakukan analisis pengelolaan proses bisnis (DSS06). Permasalahan yang ada pada PT. Pandu Siwi Sentosa adalah bagaimana perusahaan menangani sistem informasi pengiriman barang dengan berbagai macam barang yang masuk ke perusahaan dengan keterbatasan sumber daya manusia dan keterbatasan waktu. Dari hasil wawancara, observasi dan kuesioner dengan menggunakan kerangka kerja COBIT 5, dihasilkan level kapabilitas tata kelola proses bisnis terkait pengiriman barang (DSS06) pada PT. Pandu Siwi Sentosa Semarang saat ini adalah 2 yaitu Managed dengan status Largely Achieved sebesar 83,5 atau setara dengan nilai 2,83 dimana pengkomunikasian mengenai perencanaan dari performa proses bisnis masih belum sepenuhnya dikelola dengan baik. Berdasarkan hasil pencapaian yang ada, dapat diketahui bahwa tingkat kapabilitas yang akan dicapai adalah level 3 (established). Untuk mencapai level 3, maka dapat dilakukan strategi perbaikan pada level 2 yaitu pada atribut PA 2.1 dan PA 2.2.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:40
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:40
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19956

    Actions (login required)

    View Item