UDiNus Repository

MODEL PENENTUAN STATUS GIZI ANAK BALITA MENGGUNAKAN ALGORITMA DECISION TREE (ID3) (STUDI KASUS PUSKESMAS MIROTO KOTA SEMARANG)

HO, WIJAYA HENRY (2016) MODEL PENENTUAN STATUS GIZI ANAK BALITA MENGGUNAKAN ALGORITMA DECISION TREE (ID3) (STUDI KASUS PUSKESMAS MIROTO KOTA SEMARANG). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4090b) | Preview

    Abstract

    Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah unit pelaksana kesehatan pada wilayah kabupaten/kota yang bertanggungjawab untuk menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja. Salah satu tugas puskesmas yaitu melakukan upaya pemenuhan akan gizi dan kesehatan bayi dan anak usia di bawah lima tahun (balita). Masih banyak ditemukannya kasus status gizi kurang atau buruk pada bayi dan balita di kota Semarang menandakan perlunya analisis dan perhatian lebih terhadap gizi balita. Gizi buruk dimulai dari penurunan berat badan ideal seorang anak hingga pada akhirnya terlihat sangat buruk. Pada penelitian ini penulis akan menggunakan salah satu algoritma dalam data mining yaitu decision tree (algoritma ID3) untuk menerapkan model penentuan status gizi anak balita menggunakan algoritma decision tree (algoritma ID3) dengan studi kasus pada Puskesmas Miroto di kota Semarang untuk menghasilkan rule yang akan digunakan sebagai rekomendasi perbaikan gizi dan penyuluhan gizi untuk anak balita dengan status gizi buruk. Indikator yang digunakan pada analisis studi model penentuan status gizi anak bawah lima tahun (balita) ini adalah Berat Badan menurut Umur (BB/U), Tinggi Badan menurut Umur (TB/U), dan Berat Badan menurut Tinggi Badan (BB/TB) dengan studi kasus pada Puskesmas Miroto Kota Semarang.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:40
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:40
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19970

    Actions (login required)

    View Item