UDiNus Repository

Pengelompokkan Jenis Pelayanan Kesehatan Masyarakat Daerah Demak Menggunakan Algoritma K-Means (Studi Kasus : Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

RAMADHANTI, PRIYANDINI SUKMA (2016) Pengelompokkan Jenis Pelayanan Kesehatan Masyarakat Daerah Demak Menggunakan Algoritma K-Means (Studi Kasus : Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3873b) | Preview

    Abstract

    Implementasi data mining dapat memberikan informasi tentang daerah yang terjangkit penyakit dan jenis layanan yang digunakan oleh pasien dengan cepat, jelas, dan akurat dalam bentuk aplikasi. Data mining merupakan penemuan informasi baru dengan mencari pola dari sejumlah data dalam jumlah besar. Algoritma k-means adalah algoritma pengelompokkan yang dipilih untuk pengelolaan data sehingga informasi yang dibutuhkan dapat terpenuhi. Pada tahap clustering dengan menggunakan algoritma k-means dimulai dengan pembentukan cluster. Melalui data pasien rawat inap ini lalu dikelompokkan berdasarkan jenis layanannya. Dari hasil proses klustering menggunakan 200 data yang diperoleh dari tempat penelitian RSI Sultan Agung Semarang dengan lima kategori kluster maka didapatkan hasil dari sistem pengelompokkan penggunaaan jenis layanan yang paling banyak digunakan pasien yaitu, pada Kecamatan Sayung (C1) jenis layanan yang paling banyak digunakan pasien adalah JKN NON PBI, pada Kecamtan Karangtengah (C2) jenis layanan yang paling banyak digunakan pasien adalah JKN NON PBI, pada Kecamtan Mranggen (C3) jenis layanan yang paling banyak digunakan pasien adalah JKN PBI, pada Kecamtan Guntur (C4) jenis layanan yang paling banyak digunakan pasien adalah JKN PBI dan pada Kecamtan Karangawen (C5) jenis layanan yang paling banyak digunakan pasien adalah JKN PBI dan JKN NON PBI.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:40
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:40
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19980

    Actions (login required)

    View Item