UDiNus Repository

PENENTUAN KLASIFIKASI DATA PENDUDUK PADA TINGKATAN KELUARGA SEJAHTERA MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYESIAN CLASSIFICATION

KHALIDA, ASYKURINA (2016) PENENTUAN KLASIFIKASI DATA PENDUDUK PADA TINGKATAN KELUARGA SEJAHTERA MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYESIAN CLASSIFICATION. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3931b) | Preview

    Abstract

    Keluarga sejahtera merupakan keluarga yang dibentuk dari perkawinan yang sah, mampu memenuhi kebutuhan hidup spiritual dan materil yang layak. Keluarga sejahtera memiliki 5 tingkatan dan 21 indikator untuk menentukan tingkatan keluarga sejahtera. Dalam tugasnya BKBPP yang dibantu oleh PLKB bertugasuntukmengumpulkan data per kepalakeluargapada setiap kecamatan. Pada pengumpulan data yang sudah ditentukan dalam tingkatan keluarga sejahtera masih dilakukan secara manual yaitu menulis satu per satu pada hard copy yang sudah tersedia. Denganmemanfaatkanteknik data mining, pengklasifikasiandapatdilakukan. Data mining dapat menggali informasi dari gudang data menggunakan berbagai metode tertentu untuk mendapatkan pengetahuan baru. Algoritma Naive Bayesian Classification adalah salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk mengklasifikasikan tingkatan keluarga sejahtera. Algoritma Naive Bayesian Classification dapat diimplementasikan pada data keluarga sejahtera Desa Klepu RT 01 sampai RT 03 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Algoritma Naive Bayesian Classification bertujuan untuk melakukan klasifikasi data pada kelas tertentu, kemudian pola tersebut dapat digunakan untuk menentukan tingkatan keluarga sejahtera.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:40
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:40
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19990

    Actions (login required)

    View Item