UDiNus Repository

PENGUKURAN QUALITY OF EXPERIENCE (QoE) AKSES WEB MENGGUNAKAN LANDASAN ITU-T G.1030 PADA JARINGAN INTERNET WIRELESS DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

KHOLID, KHAZMI (2016) PENGUKURAN QUALITY OF EXPERIENCE (QoE) AKSES WEB MENGGUNAKAN LANDASAN ITU-T G.1030 PADA JARINGAN INTERNET WIRELESS DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4012b) | Preview

    Abstract

    Penggunaan internet untuk menunjang aktivitas di dunia pendidikan juga diimplementasikan oleh Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS). Adanya jaringan internet wireless di setiap gedung sangat mendukung ketersediaan informasi. Namun hal tersebut bukannya tanpa masalah, menurut data Kantor Penjaminan Mutu (KPM) UDINUS pada tahun 2015, terdapat sebanyak 297 dosen dan 143 tenaga kependidikan. Angka tersebut belum ditambah dengan jumlah mahasiswa yang totalnya lebih dari sepulu ribu mahasiswa aktif. Dengan demikian,masalah akan muncul ketika kapasitas yang disediakan oleh jaringan internet wireless tidak sebanding dengan jumlah pengguna yang ada. Teknik pengukuran kualitas jaringan layanan web browsing berdasarkan opini pengguna atau Quality of Experience (QoE) belum pernah diterapkan pada jaringan internet wireless di UDINUS. Landasan utama yang digunakan untuk menentukan QoE adalah ITU-TG.130. Sedangkan penentuan penilaian atau rating berdasarkan persepsi pengguna didasarkan pada model penilaian Mean Opinion Score (MOS). Berdasarkan pengukuran tesebut, hasil yang diperoleh adalah buruknya kualitas jaringan internet wireless di UDINUS terhadap layanan web browsing berdasarkan persepsi pengguna secara objektif.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:40
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:40
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19992

    Actions (login required)

    View Item