UDiNus Repository

ANALISIS PERBANDINGAN METODE GAUSSIAN FILTER DENGAN WIENER FILTER UNTUK MEREDUKSI NOISE GABUNGAN GAUSSIAN DAN SALT AND PEPPER

DIMAS, TONANG ARI (2016) ANALISIS PERBANDINGAN METODE GAUSSIAN FILTER DENGAN WIENER FILTER UNTUK MEREDUKSI NOISE GABUNGAN GAUSSIAN DAN SALT AND PEPPER. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kemudahan dalam proses pengambilan dan penyimpanan informasi berupa citra digital membuat masyarakat mulai meninggalkan citra analog. Dari kemudahan tersebut terkadang citra digital dapat terkontaminasi derau (noise). Derau/noise akibat proses pengiriman baik itu melalui media kabel ataupun melalui satelit sangat berpengaruh terhadap kualitas citra. Dengan menggunakan teknik filtering akan dilakukan proses pengurangan noise pada citra digital yang sebelumnya telah diberi noise gabungan gaussian dan salt and pepper dan dilanjutkan dengan Similarity Measurement untuk mengidentifikasi kesamaan citra digital hasil filtering dengan citra original. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan teknik filtering yang tepat untuk mengurangi noise gabungan gaussian dan salt and pepper. Proses pengolahan citra dalam penelitian ini terdiri atas proses input citra, konversi citra, penambahan noise, reduksi citra dengan metode filtering gaussian dan wiener. Dari hasil penelitian didapat bahwa penerapan Gaussian Filter dengan nilai standar deviasi = 0,1 menghasilkan citra digital yang paling mendekati citra original dibanding dengan penerapan Gaussian filter dengan standar deviasi rentang 0,1 s.d 10. Diperoleh juga hasil perhitungan euclidean distance lebih konsisten dan mendapatkan jarak terkecil terhadap citra asli. Hal tersebut di dukung juga dengan perhitungan RMSE dan PSNR bahwa metode Gaussian Filter memiliki efektivitas sebesar 86,7% lebih bagus daripada Wiener Filter dalam mereduksi citra yang mengandung gabungan noise Gaussian dan Salt and pepper. Supaya penelitian ini berkembang dapat menggunakan jenis metode atau noise yang lain.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:40
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:40
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/19994

    Actions (login required)

    View Item