UDiNus Repository

SISTEM PENGENALAN JENIS BAHAN BAKAR MINYAK KENDARAAN BERMOTOR DENGAN METODE CONTENT BASED IMAGE RETRIEVAL DAN FUNGSI JARAK EUCLIDEAN

ANDRE, NUGRAHA WIDHIE (2016) SISTEM PENGENALAN JENIS BAHAN BAKAR MINYAK KENDARAAN BERMOTOR DENGAN METODE CONTENT BASED IMAGE RETRIEVAL DAN FUNGSI JARAK EUCLIDEAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3935b) | Preview

    Abstract

    Bahan bakar minyak sangatlah penting untuk kebutuhan sehari hari, tingkat konsumsi bahan bakar minyak di Indonesia pun meningkat seiring berkembangnya jaman. Dimana masyarakat lebih memilih memakai kendaraan pribadi dibanding transportasi publik. Bagaimana perkembangannya dan jenis apa saja yang membedakan bahan bakar minyak, yang terbaru pertamina mengeluarkan bahan bakar minyak pertalite yang masih jarang mengetahuinya. Penelitian ini menitik beratkan pada pengenalan bahan bakar minyak yang berbagai macam dan menambah informasi tentang apa saja yang membedakan didalamnya. Banyak nya jenis bahan bakar minyak menjadikan masyarakat minim pengetahuan tentangnya, adapun oknum curang yang menyampurkannya dengan bahan yang lain agar mendapatkan laba. Diperlukan proses untuk pengolahan fitur ekstraksi yang baik agar menghasilkan tingkat akurasi yang tinggi, untuk pengenalan citra baahan bakar minyak dengan menggunakan metode CBIR dengan fitur ekstraksi histogram dan perhitungan jarak euclidean yang diterapkan pada penelitian ini untuk mengenali citra bahan bakar minyak dan menghasilkan akurasi sebesar 58 %.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:41
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:41
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20032

    Actions (login required)

    View Item