UDiNus Repository

ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN SISTEM INFORMASI APLIKASI PENGOBATAN PADA BALAI PENGOBATAN ASY-SYIFA KUDUS MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1

ARIF, SETIAWAN (2016) ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN SISTEM INFORMASI APLIKASI PENGOBATAN PADA BALAI PENGOBATAN ASY-SYIFA KUDUS MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4048b) | Preview

    Abstract

    Balai Pengobatan Asy – Syifa Kudus merupakan balai pengobatan yang memberikan jasa layanan kesehatan bagi masyarakat luas seperti layanan pemeriksaan, rawat inap, rawat jalan, dan lain-lain. Dalam pengelolaan data Balai Pengobatan telah menggunakan suatu sistem informasi yang dapat membantu memperlancar proses pelayanan. Penggunaan sistem informasi tersebut diperlukan proses pengawasan, evaluasi kesesuaian kinerja proses sistem informasi guna mengetahui apakah sistem berjalan sesuai dengan perencanaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kematangan dan harapan pihak pengelola mengenai proses pengawasan, evaluasi penilaian kinerja proses sistem informasi pada Balai Pengobatan Asy – Syifa Kudus menggunakan framework COBIT 4.1 domain Monitoring and Evaluate IT Performance (ME 1). Dengan melakukan observasi, wawancara, serta penyebaran kuesioner tentang tingkat kematangan didapatkan hasil 1,69 yang berada pada level 2(Repeatable level). Dengan harapan yang ingin dicapai tingkat kematangan 3 didapatkan kesenjangan tingkat kematangan sebesar 1,31. Pengukuran ini diharapkan dapat membantu proses pengawasan, evaluasi dan kesesuaian kinerja sistem informasi di balai pengobatan dan membantu pengambilan keputusan dalam mengembangkan pelayanan informasi yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:41
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:41
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20041

    Actions (login required)

    View Item