UDiNus Repository

Sistem Informasi Pengelolaan Persediaan Bahan Baku Stempel yang Optimal dengan Menggunakan Metode EOQ(Studi Kasus pada Ligastamp)

ANTONIUS, NUGROHO AGUNG (2016) Sistem Informasi Pengelolaan Persediaan Bahan Baku Stempel yang Optimal dengan Menggunakan Metode EOQ(Studi Kasus pada Ligastamp). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3761b) | Preview

    Abstract

    Perusahaan Ligastamp merupakan perusahaan yang menekuni bidang bahan baku stempel. Sesuai dengan penelitian yang dilakukan, jumlah persediaan bahan baku gagang stempel pada perusahaan Ligastamp belum optimal. Pengadaan bahan baku gagang stempel dilakukan dengan menggunakan metode aktual, yang mendapatkan Total cost Inventory dengan cara penjumlahan biaya pemesanan dan biaya penyimpanan. Dengan jumlah frekuensi pesanan yang lumayan banyak selama enam bulan, hal ini juga menyebabkan Total Cost Inventory yang cukup besar. Penelitian yang dilakukan pada perusahaan bertujuan untuk mengurangi Total Cost Inventory. Perhitungan Total Cost Inventory dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) terbukti dapat membantu perusahaan dalam meminimalisasi pengeluaran Total Cost Inventory sebesar 35,36%. Dari penghitungan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) perusahaan akan mendapat penghematan yang lebih di banding menggunakan metode aktual. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapat perbedaan selisih biaya antara metode aktual dan metode EOQ yang memiliki penghematan biaya pada Total Cost Inventory pada penghitungan yang menggunakan metode EOQ.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:41
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:41
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20057

    Actions (login required)

    View Item