UDiNus Repository

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay dan Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2014)

LUTHFIAH, RAMUWISIT DISTAPUTRI (2016) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay dan Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2014). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3817b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini membahas tentang analisis faktor yang mempengaruhi audit delay dan ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Maka dilakukan dengan menguji beberapa variabel diantaranya profitabilitas, solvabilitas, ukuran KAP, ukuran perusahaan, opini auditor, dan umur perusahaan sebagai variabel independen terhadap audit delay dan ketepatan waktu sebagai variabel dependen. Sampel yang digunakan padapenelitian ini berjumlah 240 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah multiple regression untuk penelitian audit delay, logistic regression untuk penelitian ketepatan waktu. Kesimpulan dari hasil menunjukkan bahwa tingkat audit delay dan ketepatan waktu perusahaan dalam penyampaian laporan keuangan bukan didasarkan pada profitabilitas, solvabilitas, ukuran KAP, opini auditor, dan umur perusahaan melainkan melalui ukuran perusahaan. Semakin besar perusahaan berkembang maka semakin kecil tingkat audit delay, sehingga akan mempercepat ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan kepada publik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:48
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:48
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20080

    Actions (login required)

    View Item