UDiNus Repository

Pengaruh Promotional Mix Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonik Merek Mizone di Semarang

THE, DEWI MAYANG (2016) Pengaruh Promotional Mix Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonik Merek Mizone di Semarang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Minuman isotonik adalah minuman yang mengandung mineral dan elektrolit yang dapat menggantikan ion dalam tubuh. Hal ini karena tubuh manusia membutuhkan cairan setiap hari untuk mengganti cairan yang keluar melalui pernapasan, keringat, dan urine. Jika cairan yang keluar tidak segera digantikan, semakin lama tubuh dapat mengalami dehidrasi (kekurangan cairan). Saat ini banyak minuman isotonik ditawarkan, berdasarkan data dari Majalah Marketing tahun 2011-2014, tahun 2011-2014 market share merek Mizone mengalami penurunan, dari 42,7% tahun 2011 menjadi 41,7% tahun 2012 menurun lagi menjadi 39,5% tahun 2013 bahkan tahun 2014 lebih rendah lagi yaitu 38,7%. Hal ini menunjukkan bahwa minat beli konsumen atau keputusan konsumen terhadap pembelian minuman isotonik merek Mizone cenderung rendah. Keputusan pembelian merupakan seleksi terhadap dua pilihan alternatif atau lebih konsumen pada pembelian. Jika konsumen mempunyai pilihan antara melakukan pembelian dan tidak melakukan pembelian atau pilihan menggunakan waktu, maka konsumen tersebut berada dalam posisi untuk mengambil keputusan. Banyak faktor dapat mempengaruhi keputusan pembelian, diantaranya promotional mix atau bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, personal selling dan publisitas. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh periklanan, promosi penjualan, personal selling dan publisitas terhadap keputusan pembelian minuman isotonik merek Mizone. Populasi penelitian ini adalah konsumen minuman isotonik merek Mizone di Kota Semarang. Sampel yang diambil 104 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa : 1). Periklanan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 2). Promosi penjualan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 3). Personal selling terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. 4). Publisitas terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

    Item Type: Article
    Subjects: ?? NM ??
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:48
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:48
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20115

    Actions (login required)

    View Item