UDiNus Repository

Analisa Penerapan Akuntansi Keuangan Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Studi Kasus pada UMKM Batik Kota Semarang)

Eva, vitriyani (2016) Analisa Penerapan Akuntansi Keuangan Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Studi Kasus pada UMKM Batik Kota Semarang). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3810b) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan dan pemahaman metode pencatatan akuntansi bagi para pelaku UMKM Batik di Kota Semarang dan apakah telah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Karena SAK ETAP ditetapkan dengan tujuan memudahkan entitas tanpa akuntabilitas publik seperti UMKM dalam menyajikan laporan keuangan yang lebih relevan dan informatif guna memantau kinerja unit usaha dalam satu periode akuntansi. Sebanyak 30 Unit UMKM Batik Semarang menjadi sample penelitian yang dipilih dengan metode convenience sampling dengan metode Analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi dan pemahaman para pengusaha UMKM Batik di Kota Semarang mengenai Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP) ternyata masih sangat sederhana, dikarenakan kurangnya pengetahuan para pelaku usaha mengenai teknis penyusunan laporan keuangan berbasis SAK ETAP. UMKM merasa bahwa laporan keuangan yang menunjukkan laba rugi perusahaan saja sudah cukup, serta kurangnya sosialisasi dari dinas terkait setempat seperti Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang dalam penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:49
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:49
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20162

    Actions (login required)

    View Item