UDiNus Repository

Analisis Sistem Penggajian Karyawan Guna Mengetahui Keefektifan Pengendalian Internal Studi Empiris pada PT. Atlas Indonusa Lestari Kabupaten Semarang

NABILA, FIRDAUS AZALIA (2016) Analisis Sistem Penggajian Karyawan Guna Mengetahui Keefektifan Pengendalian Internal Studi Empiris pada PT. Atlas Indonusa Lestari Kabupaten Semarang. Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3855b) | Preview

    Abstract

    Masalah yang biasanya terjadi pada suatu perusahaan salah satunya adalah sumber daya manusia.Akan tetapi tidak hanya dari faktor manusia saja, faktor pendukung lain salah satunya adalah dengan menerapkan sistem penggajian tenaga kerja yang baik dan juga mengandung unsur-unsur pengendalian internal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian internal sistem penggajian karyawan pada PT. Atlas Indonusa Lestari. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang memberikan gambaran tentang data yang tidak dapat diukur dalam skala numerik dan berupa penjelasan dalam bentuk pernyataan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer yakni data yang diperoleh langsung dari sumbernya dan sekunder yakni data yang diperoleh dari sumber lain. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan melakukan metode survei yaitu dengan melakukan komunikasi wawancara dan melakukan metode dokumentasi yakni penulis mengumpulkan catatan-catatan yang dimiliki oleh PT. Atlas Indonusa Lestari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian internal terhadap sistem penggajian karyawan PT. Atlas Indonusa Lestari dalam struktur organisasi sudah memadai meskipun terdapat kelemahan, yaitu tidak dipisah antara fungsi akuntansi dan fungsi keuangan. Prosedur penggajian yang ada pada PT. Atlas Indonusa Lestari, mudah dipahami, sederhana dan dikatakan baik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:49
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:49
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20165

    Actions (login required)

    View Item