UDiNus Repository

Penerapan Perhitungan Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Job Order Costing dengan Pendekatan Full Costing (Studi Kasus Pada PT. President Furniture Jepara)

MEYTA, ADELIANAH (2016) Penerapan Perhitungan Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Job Order Costing dengan Pendekatan Full Costing (Studi Kasus Pada PT. President Furniture Jepara). Skripsi,Fakultas Ekonomi & Bisnis.

[img]
Preview
PDF
Download (3777b) | Preview

    Abstract

    Dalam perusahaan manufaktur, siklus akuntansi biaya diawali dengan pencatatan harga pokok produksi. Harga Pokok Produksi sangat penting bagi perusahaan untuk menetapkan harga jual dan menentukan laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhitungan harga pokok produksi produk Meja Oval Extending Table 180set pada PT President Furniture Jepara dengan metode job order costing, kemudian membuktikan apakah target laba bruto perusahaan sudah terpenuhi jika perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode job order costing.Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif, yaitu data atau informasi yang diberikan oleh perusahaan dalam bentuk angka yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi.Metode analisis yang digunakan adalah perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode job order costing dengan pendekatan klasifikasi biaya menggunakan metode full costing. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan perusahaan lebih besar dibandingkan perhitungan menggunakan metode job order costing sebesar Rp.58.300/set dan prosentase target laba bruto perusahaan terpenuhi jika perhitungan dilakukan dengan metode job order costing. Selisih disebabkan karena harga pokok produksi perusahaan menggunakan perhitungan angka estimasi untuk menentukan harga pokok produksi.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
    Ilmu Sosial > Akuntansi
    Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:49
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:49
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20170

    Actions (login required)

    View Item