UDiNus Repository

Hubungan antara Unsafe Action AMT (Awak Mobil Tangki) Dengan Kecelakaan Kerja di PT. PERTAMINA PATRA NIAGA Semarang TAHUN 2015

PUTRI, RIANI NUR (2016) Hubungan antara Unsafe Action AMT (Awak Mobil Tangki) Dengan Kecelakaan Kerja di PT. PERTAMINA PATRA NIAGA Semarang TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kecelakaan akibat kerja dapat disebabkan oleh faktor unsafe action dan unsafe condition. Lemahnya kesadaran dalam menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di perusahaan – perusahaan yang ada di Indonesia, terlihat dari jumlah kasus kecelakaan kerja yang masih tinggi sebanyak 83.714 pada tahun 2007. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis Hubungan Antara Unsafe Action AMT (Awak Mobil Tangki) dengan Kecelakaan Kerja di PT. Pertamina Patra Niaga Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah survey analitik, pendekatan cross sectional, dengan teknik random sampling yang dilaksanakan dari bulan september – januari 2016. Penelitian dilakukan pada 100 AMT yang ada di PT. Pertamina Patra Niaga Semarang, Metode yang digunakan survey, pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner. selanjutnya dilakukan uji univariat dan uji bivariat menggunakan uji statistik Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan 53% AMT berusia antara 20 – 35 tahun, pendidikan AMT 99% adalah tamatan SMU sederajat, dan 67% AMT sudah bekerja antara 1 – 5 tahun. Berdasarkan hasil uji statistik menyatakan ada hubungan yang signifikan antara unsafe action AMT (Awak Mobil Tangki) dengan kecelakaan kerja di PT. Pertamina Patra Niaga Semarang Tahun 2015 (p=0.000). Berdasarkan tabel tabulasi antara unsafe action tinggi didapatkan kecelakaan kerja tinggi (33.3%). Saran bagi AMT, Sebaiknya mematuhi peraturan yang berlaku seperti tidak melakukan tindakan tidak aman (unsafe action) yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja., dan selalu hadir dalam kegiatan safetytalk yang telah diadakan rutin oleh perusahaan. Untuk perusahaan diharapkan lebih memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja AMT, memberikan pelatihan – pelatihan secara berkala mengenai kesehatan dan keselamatan kerja, seperti pelatihan pemadam kebakaran, dll hal ini supaya meningkatkan pengetahuan AMT tentang keselamatan kerja dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:51
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:51
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20232

    Actions (login required)

    View Item