UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK IBU SEBAGAI PENGAWAS MINUM OBAT (PMO) DENGAN KEPATUHAN DALAM PENGOBATAN TB PARU PADA ANAK DI RUMAH SAKIT TUGUREJO SEMARANG TAHUN 2016

NUR, SHOLIHAH ARIFATUS (2016) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK IBU SEBAGAI PENGAWAS MINUM OBAT (PMO) DENGAN KEPATUHAN DALAM PENGOBATAN TB PARU PADA ANAK DI RUMAH SAKIT TUGUREJO SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    TB Paru merupakan salah satu masalah utama bagi kesehatan masyarakat, dan sekitar sepertiga penduduk dunia telah terinfeksi oleh Mycobacterium tuberculosis. Data di Rumah Sakit Tugurejo Semarang tahun 2015 terdapat 189 anak penderita TB Paru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik Ibu sebagai Pengawas Minum Obat (PMO) dengan kepatuhan dalam pengobatan TB Paru pada anak di Rumah Sakit Tugurejo Semarang tahun 2016. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu bersifat observasional analitik dengan desain case control study dengan uji statistic Chi-Square. Sampel yang digunakan terdiri dari 41 Ibu dari anak penderita TB Paru yang tidak patuh dalam pengobatan dan 41 Ibu dari anak penderita TB Paru yang patuh dalam pengobatan. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara umur Ibu (pvalue 0,173), pendidikan terakhir Ibu (pvalue 0,070), status ekonomi keluarga (pvalue 0,607) dengan Kepatuhan Dalam Pengobatan Tb Paru Pada Anak. Ada hubungan antara Pekerjaan Ibu (pvalue 0,013, OR:0,317), dan peran serta Ibu sebagai PMO (pvalue 0,003, OR:6,568) dengan Kepatuhan Dalam Pengobatan Tb Paru Pada Anak. Saran bagi keluarga yang memiliki anak penderita TB Paru yaitu, keluarga tetap memberikan motivasi dan selalu mengawasi anak dalam meminum obat sebagai salah satu upaya penyembuhan dalam pengobatan TB Paru.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 22 Sep 2016 14:51
    Last Modified: 22 Sep 2016 14:51
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/20262

    Actions (login required)

    View Item