UDiNus Repository

ANALISIS TINGKAT EFEKTIFITAS MESIN MOSAIC DENGAN METODE OEE (OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS) PADA PT. JATI LUHUR AGUNG SEMARANG

MUHAMMAD, RIFKI (2016) ANALISIS TINGKAT EFEKTIFITAS MESIN MOSAIC DENGAN METODE OEE (OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS) PADA PT. JATI LUHUR AGUNG SEMARANG. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (3723b) | Preview

    Abstract

    PT. Jati Luhur Agung adalah perusahaan bergerak dibidang pengolahan kayu yang memproduksi lantai kayu. Penelitian ini dilakukan pada bagian lini produksi yang menganalisis nilai OEE pada Mesin mosaic 1 dan Mesin mosaic 2, dilanjutkan dengan mengidentifikasi faktor permasalahan menggunakan diagram fishbone dan mencari solusi perbaikan masalah menggunakan rumus 5W+1H. Dari hasil penelitian diketahui nilai OEE pada Mesin mosaic 1 dan Mesin mosaic 2 rata-rata sebesar 72,37% dan 73,00% masih dibawah standart ideal yakni 85%. Selanjutnya faktor yang mempengaruhi nilai OEE adalah availability yaitu 83,59% dan 84,27%. Salah satu rekomendasi perbaikan dengan 5W+1H adalah dengan mengoptimalkan program preventif maintenance diperusahaan maka dapat meminimalkan jumlah terjadinya kerusakan pada mesin sehingga prosuktivitas Mesin mosaic terjaga dan tidak banyak waktu yang terbuang pada saat produksi sedang berlangsung.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:02
    Last Modified: 04 May 2017 15:02
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21323

    Actions (login required)

    View Item