UDiNus Repository

PERANCANGAN ALAT PENYARING ENDAPAN INDIGOFERA SEBAGAI BAHAN PEWARNA ALAMI TEKSTIL UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS MENGGUNAKAN METODE RASIONAL

GABRIEL, VALENTINUS (2016) PERANCANGAN ALAT PENYARING ENDAPAN INDIGOFERA SEBAGAI BAHAN PEWARNA ALAMI TEKSTIL UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS MENGGUNAKAN METODE RASIONAL. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (5Kb) | Preview

    Abstract

    Menurut Balai Besar Kerajinan dan Batik, produksi batik dengan pewarna alami memiliki potensi ekspor dan daya saing lebih besar daripada batik dengan pewarna sintetis. Sebagai contoh hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai ekspor batik sebesar 5-10% tiap tahun untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai akibat dari perkembangan penggunaan pewarna alami di daerah tersebut. Salah satu bahan pewarna alam adalah pasta indigo dari tumbuhan nila atau dapat disebut pula tarum atau indigofera. Proses pembuatan pasta indigofera umumnya dikerjakan secara manual dengan alat seadanya oleh produsen dan dengan waktu yang lama. Proses pembuatan pewarna alami berbentuk pasta dengan tanaman indigofera meliputi proses fermentasi, penyaringan hasil fermentasi, pengeburan, pengendapan dan penyaringan endapan yang nantinya menghasilkan luaran berupa pasta indigofera pada akhir proses. Proses penyaringan endapan merupakan proses yang terbilang sederhana namun secara praktik memakan waktu yang lama. Proses penyaringan merupakan tahapan akhir dari proses produksi pasta indigofera sehingga proses penyaringan ini sangat menentukan apakah pasta yang dihasilkan ini sudah mencapai kekentalan yang diharapkan atau belum. Volume produksi yang dikerjakan di UKM Omah Sawah yang merupakan tempat pengamatan kurang lebih memproduksi 8 kg pasta indigofera untuk waktu produksi 1 hari dengan input bahan baku indigofera 8 kg untuk menghasilkan kurang lebih 1 kg pasta indigo. Pengoptimalan efektivitas dan efisiensi proses penyaringan endapan indigofera dalam hal ini sudah menjadi kebutuhan dan cara untuk merealisasikan hal tersebut yaitu dengan merancang suatu alat sebagai awal dari usaha merealisasikan kebutuhan. Metode yang digunakan dalam perancangan alat tersebut harus sistematis dalam tiap tahapan untuk menghasilkan solusi yang potensial. Hasil perancangan alat penyaring endapan indigofera untuk menghasilkan pasta indigo sebagai bahan pewarna alami tekstil dengan metode rasional didapatkan hasil yaitu dari sisi efisiensi pada proses penyaringan didapatkan selisih waktu proses cukup signifikan yaitu rata-rata waktu proses penyaringan dengan alat yang dirancang yaitu 52 menit. Hasil rancangan alat penyaring endapan indigofera mampu mengoptimalkan tingkat efektivitas yaitu dengan didapatkan hasil perhitungan produksi pasta per hari mencapai 8,276 Kg dengan kesamaan kekentalan sesuai standar yang diharapkan oleh UKM dengan analisis pendapatan bersih per hari dapat naik menjadi sebesar Rp 407.794,00.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:02
    Last Modified: 04 May 2017 15:02
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21328

    Actions (login required)

    View Item