UDiNus Repository

STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKTKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK GULA JAWA UD. SIMANIS ASLI PURWOREJO MENGGUNAKAN METODE BCG ( BOSTON CONSULTING GROUP)

SILVIA, NURWINDASARI AGUSTINA (2016) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKTKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK GULA JAWA UD. SIMANIS ASLI PURWOREJO MENGGUNAKAN METODE BCG ( BOSTON CONSULTING GROUP). Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (5Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Industri gula jawa di Jawa Tengah semakin berkembang salah satunya di Kabupaten Purworejo. Sentra gula jawa di Purworejo tersebar diseluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo. UD. Simanis Asli Purworejo adalah industri yang memproduksi gula jawa yang berada di Kecamatan Kutoarjo tepatnya di desa Wirun RT 02 RW 04 Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo Namun UD. Simanis asli Purworejo mengalami penurunan penjualan dari tahun ketahun dikarenakan permintaannya berkurang. Di kabupaten Purworejo khususnya desa Wirun industri pembuatan gula jawa hampir disetiap RT terdapat lebih dari satu industri. Maka dari itu dibutuhkan perbaikan dalam strategi pemasarannya. Dengan menggunakan analisis Fishbone, BCG dan metode SWOT diharapkan dapat memberikan usulan strategi pemasaran untuk UD. Simanis asli Purworejo. Berdasarkan hasil analisis Fishbone didapatkan hasil yang mempengaruhi penurunan penjualan pada UD. Simanis Asli Purworejo yang terdiri dari manusia, metode, mesin, material dan lingkungan yaitu struktur organisasi tidak berjalan, alat masih manual, bahan bakar sulit didapatkan karena bahan bakar mahal, proses pemasaran terlalu sempit, lingkungan kerja tidak nyaman karena kotor dan sempit. Berdasarkan hasil perhitungan pertumbuhan dan pangsa pasar adalah 9,6% dan hasil perhitungan pangsa pasar relatif 0,95 < 1 sehingga berada diposisi anjing. Dimana posisi anjing merupakan posisi yang pertumbuhan dan pangsa pasarnya rendah. Untuk itu perlu melakukan perbaikan yang cukup signifikan, mulai dari inovasi produk misal membuat gula jawa dalam bentuk cair dan serut serta memperbaiki kemasan. hingga strategi dalam promosi seperti menggunakan media sosial, pemasaran melalui web, pemasaran keluar dari purworejo serta menitipkan ke toko-toko. Hasil penelitian analisis SWOT dari nilai IFE 3.58 dan nilai EFE 3,50 sehingga berada pada kuadran I yang artinya tumbuh dan kembangkan. UD. Simanis Asli Purworejo perlu memberikan variasi produk yang lebih, misalkan berbentuk serut dan cair. Lalu packaging juga harus diinovasi agar lebih menarik perhatian. Selain itu pemasaran juga harus keluar dari Purworejo dan menitipkan gula jawa tersebut ke toko-toko dan mempromosikan gula jawa dengan menggunakan sosial media. Serta mencari tambahan dana misalkan meminjam Bank untuk mengembangkan usaha.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:02
    Last Modified: 04 May 2017 15:02
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21331

    Actions (login required)

    View Item