YOHANA, LENGGONO BERNIKE (2016) MODEL PREDIKSI KESUKSESAN PRODUK MOBIL DENGAN PENDEKATAN KANO. Skripsi,Fakultas Teknik.
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Rata-rata penjualan produk mobil di Indonesia meningkat 12,83% per tahunnya, sehingga perlu dirumuskan variabel-variabel apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen untuk memutuskan dalam membeli produk mobil. Penelitian bertujuan untuk membangun model kesuksesan mobil penumpang pada beberapa segmen dan pada segmen low. Terdapat 9 variabel untuk menyusun model., yaitu Time to Market (X1), Price (X2), Performance (X3), Economical Consumption (X4), Extra Feature (X5), Safety Feature (X6), Aftersales Service (X7), Design (X8), dan Brand Image (X9). Pengolahan data mentah dimulai dengan standardisasi nilai variabel per segmen mobil. Model dibangun dengan nilai Sum of Square Error terkecil dari setiap variabel yang dikategorikan dalam tiga kuadran metode Kano, kemudian disusunlah alternatif-alternatif model. Alternatif model akan diregresikan sehingga diperoleh nilai koefisien determinasi (R2). Model akhir akan diuji dengan validasi silang. Model terbaik dipilih dengan indikator nilai R2 tertinggi. Diperoleh hasil R2 sebesar 46,28% untuk model mobil penumpang yang terdiri dari beberapa segmen dengan R2 validasi sebesar 65,56%. Untuk mobil segmen low, diperoleh R2 sebesar 88,55% dengan R2 validasi 95,75%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri T Technology > Teknik Industri |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 04 May 2017 15:02 |
Last Modified: | 04 May 2017 15:02 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21332 |
Actions (login required)
View Item |