UDiNus Repository

MODEL PREDIKSI KESUKSESAN PRODUK MOBIL DENGAN PENDEKATAN KANO

YOHANA, LENGGONO BERNIKE (2016) MODEL PREDIKSI KESUKSESAN PRODUK MOBIL DENGAN PENDEKATAN KANO. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Rata-rata penjualan produk mobil di Indonesia meningkat 12,83% per tahunnya, sehingga perlu dirumuskan variabel-variabel apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen untuk memutuskan dalam membeli produk mobil. Penelitian bertujuan untuk membangun model kesuksesan mobil penumpang pada beberapa segmen dan pada segmen low. Terdapat 9 variabel untuk menyusun model., yaitu Time to Market (X1), Price (X2), Performance (X3), Economical Consumption (X4), Extra Feature (X5), Safety Feature (X6), Aftersales Service (X7), Design (X8), dan Brand Image (X9). Pengolahan data mentah dimulai dengan standardisasi nilai variabel per segmen mobil. Model dibangun dengan nilai Sum of Square Error terkecil dari setiap variabel yang dikategorikan dalam tiga kuadran metode Kano, kemudian disusunlah alternatif-alternatif model. Alternatif model akan diregresikan sehingga diperoleh nilai koefisien determinasi (R2). Model akhir akan diuji dengan validasi silang. Model terbaik dipilih dengan indikator nilai R2 tertinggi. Diperoleh hasil R2 sebesar 46,28% untuk model mobil penumpang yang terdiri dari beberapa segmen dengan R2 validasi sebesar 65,56%. Untuk mobil segmen low, diperoleh R2 sebesar 88,55% dengan R2 validasi 95,75%.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:02
    Last Modified: 04 May 2017 15:02
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21332

    Actions (login required)

    View Item