UDiNus Repository

ANALISIS CACAT PRODUK BAN VULKANISIR JENIS TRUK PADA MESIN CHAMBER DI UD. UTAMA BAN MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC)

NUR, RACHMADHANI LATHIFAH (2017) ANALISIS CACAT PRODUK BAN VULKANISIR JENIS TRUK PADA MESIN CHAMBER DI UD. UTAMA BAN MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC). Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kualitas adalah produk yang dihasilkan oleh perusahaan telah sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh perusahaan. UD. Utama Ban merupakan salah satu unit dagang yang bergerak di bidang vulkanisir ban truk yang berlokasikan di Lik 18 No. 713 Semarang. Penelitian dilakukan pada proses dingin vulkanisir ban truk di dalam mesin Chamber. Permasalahan yang terjadi adalah munculnya cacat produk yang melebihi ketentuan persentase cacat produk dari perusahaan sebesar 0,02% per bulan. Metode Statistical Process Control (SPC) merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengurangi jumlah cacat produk yang dihasilkan, Tahapan dalam membuat metode SPC diantaranya adalah membuat Peta Kendali P (P-Chart) dengan total persentase kerusakan sebesar 42,985%, CL sebesar 0,021, UCL sebesar 0,037, LCL sebesar 0,006 yang akan digunakan untuk mengetahui apakah terdapat data yang menyimpang dari batasan tersebut. Membuat diagram Sebab-Akibat (Fishbone Chart) untuk mengetahui faktor, jenis cacat dan penyebab terjadinya cacat produk untuk dibuat rekomendasi perbaikan. Hasil dari penerapan SPC adalah rekomendasi / usulan perbaikan untuk UD. Utama Ban untuk meminimumkan jumlah produk cacat yang dihasilkan. Kemudian melakukan Continous Improvement selama 30 hari dan diperoleh hasil penurunan cacat produk yaitu sebesar 1,088% dan diharapkan terus terjadi penurunan tingkat cacat produk sampai nol.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:03
    Last Modified: 04 May 2017 15:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21339

    Actions (login required)

    View Item