UDiNus Repository

PENENTUAN POSISI BERSAING DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHI PROCESS (AHP) DI UD UTAMA BAN

SUSI, DEWI ANITA (2017) PENENTUAN POSISI BERSAING DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN PEMILIHAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCHI PROCESS (AHP) DI UD UTAMA BAN. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Strategi pemasaran merupakan rencana terpadu sebagai dasaar tindakan yang mengarahkan kegiatan pemasaran kepada pasar sasaran dengan mengembangkan program pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Pemilihan UD. Utama Ban sebagai bahan penelitian karena diketahu dari data history penjualan ban vulkanisirpada tahun 2015 mengalami penurunan, dari total penjualan 10.185 buah ban pada tahun 2014 menjadi 8.231 buah ban ditahun 2015, hal tersebut dapat menjadi ancaman bagi UD. Utama Ban. Pada kasus tersebut peneliti menggunakan metode SWOT dan AHP (Analytical Hierarchi Process) dengan bantuan Expert Choice untuk mengetahui dan memilih strategi pemasaran yang baik untuk direkomendasikan pada UD. Utama Ban. Berdasarkan matrik internal eksternal UD. Utama Ban berada pada kuadran IV yang berarti “tumbuh dan kembangkan”. UD. Utama Ban perlu menambah varian alur ban yang lebih banyak untuk menyediakan pilihan yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Selain itu pemasaran juga harus lebih dikembangkan lagi, agar pelanggan tidak hanya berdasarkan dari relasi pemilik usaha saja namun juga melalui peningkatkan promosi penjualan ban vulkanisir dengan menggunakan sosial media untuk mengembangkan usaha dagang. Dari hasil olah data menggunakan metode Analitycal Hierarchi Process (AHP) diketahui strategi S-O dipilih berdasarkan penilaian bobot prioritas tertinggi yaitu 52% dengan membentuk devisi riset pasar dan meningkatkan produktivitas karyawan untuk memenuhi permintaan yang belum terpenuhi.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:03
    Last Modified: 04 May 2017 15:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21344

    Actions (login required)

    View Item