UDiNus Repository

Analisi Pengendalian kualitas Produk genteng Di.cv Asem makmur Mayong Jepara Menggunakan Metode Statistik Proces Control (SPC)

IWAN, AJI BAYU (2017) Analisi Pengendalian kualitas Produk genteng Di.cv Asem makmur Mayong Jepara Menggunakan Metode Statistik Proces Control (SPC). Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pengendalian kualitas statistic adalah aktivitas keteknikan dan manajemen, yang dengan aktivitas itu kita ukur ciri-ciri kualitas produk, membandingkanya dengan spesifikasi atau persyaratan , dan mengambil tindakan penyehatan yang sesuai apabila ada perbedaan antara penampilan yang sebenarnya dengan standart menggunakan alat bantu statistic. Tingginya tingkat kecacatan produk yang mencapai 34% dan banyaknya faktor yang menyebabkan cacat pada genteng seperti kualitas bahan baku, cuaca yang buruk, suhu udara yang panas, sirkulasi udara yang buruk, human eror dan keadaan peralatan yang sudah tidak baik hal ini akan mempengaruhi produktifitas dalam perusahaan, hal tersebut juga akan mempengaruhi kualitas genteng. Statistical Process Control (SPC) diharapkan akan mengurangi tingkat kecacatan pada proses produksi genteng. Hasil perhitungan data menggunakan diagram pareto pada proses pencetakan bentuk tidak sempurna sebesar 73 buah, penyok 72 buah dan terdapat benda asing sebesar 36 buah, pada proses pengeringan ke 1 retak sebesar 201, penyok 27 buah dan pecah sebesar 23 buah, pada proses pembersihan bentuk tidak sempurna sebesar 19 buah,retak 28 buah, pecah 22 buah dan terdapat benda asing sebesar 17 buah, dan pada proses pengeringan ke 2 genteng pecah sebesar 36 buah dan retak sebesar 21 buah. Dan berdasarkan diagram fishbone, solusi yang dapat diambil adalah melakukan penyuluhan pada karyawan agar lebih teliti dan lebih berhati-hati.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:03
    Last Modified: 04 May 2017 15:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21346

    Actions (login required)

    View Item