UDiNus Repository

KENDALI LOGIKA SAMAR PADA SISTEM PEMBANGKT LISTRIK SWA-DAYA MODEL GRAVITASI UNTUK MEMPERPANJANG DURASI KERJA UNINTERRUPTABILE POWER SUPPLY (UPS)

FILMADA, SAPUTRA OCKY (2017) KENDALI LOGIKA SAMAR PADA SISTEM PEMBANGKT LISTRIK SWA-DAYA MODEL GRAVITASI UNTUK MEMPERPANJANG DURASI KERJA UNINTERRUPTABILE POWER SUPPLY (UPS). Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penggunaan energi listrik di dunia pada umumnya semakin tahun semakin mengalami peningkatan. Berbagai perangkat elektronik semakin berkembang dari peralatan konvensional berubah menjadi piranti-piranti elektronik. Mulai dari perangkat yang digunakan individu, perkantoran, pendidikan, hingga informasi public berbasis elektronik. Hal tersebut menjadikan listrik sebagai kebutuhan utama yang harus ada setiap waktu. Peristiwa pemadaman listrik akan sangat berpengaruh pada kinerja alat dan menjadi kerugian yang besar bagi penggunanya. Dalam penelitian sebelumnya juga dibuat pembangkit swa-daya model gravitasi untuk memperpanjang usia UPS namun dalam penelitian tersebut belum terdapat sebuah kontrol untuk memaksimalkan kinerjanya. Maka dari itu dilakukanlah penelitian untuk memberikan kontrol pada pembangkit swa-daya model gravitasi tersebut dengan menggunakan kontrol logika samar. Pada saat proses pengujian pembangkit swa-daya model gravitasi tersebut akan dibandingkan nilai besaran penggunaan daya motor pembangkit ketika tanpa menggunakan kontrol dengan telah menerapkan kontrol kendali logika samar. Pada penelitian ini, digunakan sebuah kontrol kendali logika samar untuk kontrol pembangkit listrik swa-daya model gravitasi. Metode penelitian dilakukan mualai dari perancangan, pembuatan perangkat keras dan perangkat lunak, percobaan dan pengambilan data, dan pengujian dan menarik sebuah analisa. Pada kendali ini, nilai yang menjadi ukuran terpadat pada kecepatan putar pada poros roda gila (flywhell). Dimana kendali ini akan mengatur untuk menghidup atau matikan motor pembangkit ketika nilai RPM atau kecepatan pada motor telah mencapai kecepatan yang telah ditentukan. Dari pengaturan kerja motor tersebut dapat diambil energi yang tersimpan pada roda gila dan menghemat konsumsi daya yang digunakan oleh motor pembangkit. Metode defuzzyfikasi pada kendali logika samar ini menggunkaan metode Centeroid of Max.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Elektro
    T Technology > Teknik Elektro
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:03
    Last Modified: 04 May 2017 15:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21351

    Actions (login required)

    View Item