UDiNus Repository

Perancangan Produk Meja Kerja Bantu Menjahit Karpet yang Ergonomis Menggunakan Metode Ergonomic Function Deployment (EFD) dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA)

SITI, FATIMAH (2017) Perancangan Produk Meja Kerja Bantu Menjahit Karpet yang Ergonomis Menggunakan Metode Ergonomic Function Deployment (EFD) dan Rapid Upper Limb Assessment (RULA). Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Di Jawa Tengah terdapat sebanyak kurang lebih 600 unit industri pengrajin karpet dan keset yang semakin hari memiliki tingkat permintaan yang semakin tinggi. Dalam memenuhi permintaan tersebut, para pengrajin karpet dituntut untuk bekerja lebih keras. Tuntutan kerja yang tinggi ini menyebabkan adanya ketergantungan bekerja sambil duduk menjadi besar. Hal tersebut berdampak pada kebutuhan sebuah fasilitas kerja yang dapat mengakomodasi kebutuhan penjahit dalam waktu tertentu. Hasil observasi yang dilakukan pada para pengrajin ditemukan bahwa para pekerja memiliki keluhan musculoskeletal. Begitu juga dengan analisa RULA pada beberapa postur aktivitasnya menghasilkan score 7 yang memiliki level resiko tinggi. Metode Ergonomic Function Deployment (EFD) digunakan untuk mendapatkan desain produk yang sesuai kebutuhan dan memiliki ukuran yang nyaman digunakan bagi pekerja penjahit karpet. Untuk perancangan sebuah fasilitas kerja yang ergonomis maka dilakukan perhitungan antropometri dengan data rentangan tangan untuk panjang meja kerja bantu jahit karpet dengan ukuran 166 cm, data jangkauan tangan untuk lebar meja kerja bantu jahit karpet dengan ukuran 116 cm, data tinggi siku duduk dan data tinggi popliteal duduk untuk tinggi meja kerja bantu jahit karpet dengan ukuran 73,5 cm. Hasil implementasi perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan meja kerja bantu jahit karpet yang ergonomis dengan menggunakan Nordic Body Map diperoleh penurunan keluhan pada pekerja yang berarti kenyamanan yang dirasakan oleh para penjahit meningkat. Hasil ini menunjukkan ukuran dan desain meja kerja bantu menjahit tersebut nyaman digunakan untuk para pekerja.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:03
    Last Modified: 04 May 2017 15:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21354

    Actions (login required)

    View Item