UDiNus Repository

PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK MENGGUNAKAN GUGUS KENDALI MUTU DENGAN PENDEKATAN PDCA DALAM MEMENUHI TARGET PRODUKSI PADA PROSES SPINNING UNIT III PT. DELTA DUNIA SANDANG TEKSTIL DEMAK

AGUS, SAPUTRO DWI (2017) PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK MENGGUNAKAN GUGUS KENDALI MUTU DENGAN PENDEKATAN PDCA DALAM MEMENUHI TARGET PRODUKSI PADA PROSES SPINNING UNIT III PT. DELTA DUNIA SANDANG TEKSTIL DEMAK. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PT Delta Dunia Sandang Tekstil merupakan salah satu perusahaan maju di Jawa Tengah yang bergerak dibidang tekstil dengan produk akhir berupa benang. Departement Unit III memproduksi cotton 100 % dan TCD ( polyster dan cotton ). Proses spinning sering mengalami kecacatan produk yaitu spindle tape meleset, bottom apron berproduksi, lapping back bottom roll, roving double. Metode yang digunakan GKM yang melibatkan karyawan dalam menjaga mutu produk didalam organisasi menggunakan pendekatan PDCA. Dimana Perencanaan (plan) melakukan pengamatan di unit III proses spinning, Perbaikan (do) yang dilakukan menggunakan tabel 5W+1H adalah melakukan evaluasi kinerja pekerja, training, standirsasi SOP dan evaluasi jadwal perawatan mesin spinning. Pemeriksaan ( check ) memeriksa kembali jumlah cacat yang terjadi sebelum perbaikan dengan sesudah usulan perbaikan mengalami penurunan atau tidak, dan melakukan evaluasi standarisasi usulan SOP yang dilakukan perusaahaan. Standirisasi (Action ) membuat standar yang di tetapkan untuk suatu sistem proses produksi spinning, lingkungan kerja serta dalam perawatan mesin. Perbaikan yang telah dilakukan dapat menurunkan cacat, Jumlah cacat sebelum perbaikan pada bulan Januari sampai Juni dengan jumlah produksi sebesar 3740386 kg dengan rincian cacat spindle tape meleset sebesar 5350 kg, tanpa bottom apron berproduksi sebesar 3397 kg, lapping back bottom roll sebesar 3351 kg, roving double sebesar 2873kg, dan lain-lain sebesar 1325 kg sedangkan setelah perbaikan mengalami penurunan bulan Juli sampai Desember 2016 dari total produksi sebesar 3878824 kg mengalami kecacatan sebesar 4945 kg dengan rincian spindle tape meleset 1399 kg, tanpa bottom apron berproduksi sebesar 1155 kg, lapping back bottom roll sebesar 1073 kg, roving double sebesar 938 kg,dan lain –lain 380 kg. Mengalami penurunan sebesar 70 % setelah proses perbaikan selama 6 bulan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:03
    Last Modified: 04 May 2017 15:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21357

    Actions (login required)

    View Item