UDiNus Repository

ANALISA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIFITAS DI TINJAU DARI KECELAKAAN KERJA, KESADARAN KERJA, LINGKUNGAN KERJA, DAN PENYAKIT AKIBAT KERJA DENGAN PENDEKATAN STRUCTUAL EQUATION MODELING (SEM) PADA PT. TEKSTIL Z DEMAK

YOPPY, SAPUTRO EKO (2017) ANALISA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIFITAS DI TINJAU DARI KECELAKAAN KERJA, KESADARAN KERJA, LINGKUNGAN KERJA, DAN PENYAKIT AKIBAT KERJA DENGAN PENDEKATAN STRUCTUAL EQUATION MODELING (SEM) PADA PT. TEKSTIL Z DEMAK. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PT. Tekstil Z Demak merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pemintalan benang. Kegiatan industri dalam proses produksi pemintalan benang selalu disertai faktor-faktor yang mengandung resiko bahaya dengan terjadinya kecelakaan pada pekerjaan maupun penyakit yang diakibatkan pekerjaan. Pengaruh tersebut didasari dari lingkungan kerja yang kurang baik dan juga kebiasaan karyawan yang tidak mentaati aturan atau standar operasional kerja. Lingkungan kerja yang kurang baik mempengaruhi kinerja karyawan yang berimbas pada produktifitas kerja, dan juga menyebabkan kecelakaan serta penyakit yang bisa diderita oleh karyawan ditambah lagi dengan karyawan yang tidak mentaati standar operasional kerja. Oleh karena itu peneliti mengambil faktor Kecelakaan kerja, Kesadaran kerja, Lingkungan kerja dan Penyakit akibat kerja untuk dijadikan variabel yang dihubungkan terhadap Produktifitas kerja. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian produksi PT. Tekstil Z Demak. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling, sampel dalam penelitian ini sebanyak 88 data penelitian yang tersebar secara acak pada karyawan produksi. Teknik analisis yang digunakan adalah Structurall Equation Modelling (SEM), yang sebelumnya dilakukan normalitas data dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical Packages for Sosial Science). Penggunaan teknik analisis SEM menganalisi pola hubungan antara konstruk laten dan indikatornya seta konstruk laten yang satu dengan lainnya. Pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas variabel, reliabilitas (uji asumsi, uji normalitas, uji linieritas), uji outlier dan pengujian Uji Model Goodness of fit, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kecelakaan kerja (KK) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Lingkungan kerja (LK), Penyakit akibat kerja (PAK) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kesadaran kerja (KSK), Lingkungan Kerja (LK) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Produktivitas Kerja (PK), Kesadaran kerja (KSK) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Produktivitas kerja (PK), Kecelakaan kerja (KK) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Produktivitas kerja (PK), Penyakit akibat kerja (PAK) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Produktivitas kerja (PK).

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Industri
    T Technology > Teknik Industri
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:04
    Last Modified: 04 May 2017 15:04
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21367

    Actions (login required)

    View Item