UDiNus Repository

Identifikasi Karakteristik Sinyal Arus Motor Induksi Tiga Fase Akibat Ketidak Seimbangan Tegangan Berbasis Jaringan Saraf Tiruan

ERVINA, (2017) Identifikasi Karakteristik Sinyal Arus Motor Induksi Tiga Fase Akibat Ketidak Seimbangan Tegangan Berbasis Jaringan Saraf Tiruan. Skripsi,Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Di dunia industri, motor induksi tiga phase memiliki peranan penting dalam proses produksi, namun sering muncul gangguan yang harus dikurangi untuk meminimalisir kerugian yang ditanggung oleh industry. Salah satu gangguan yang sering terjadi pada motor induksi tiga fase adalah rusaknya motor induksi karena ketidak seimbangan tegangan. Ketidak seimbangan tegangan sering terjadi jika besaran tegangan berbeda dari kondisi seimbang. Identifikasi karakteristik sinyal arus motor induksi 3 phasa akibat ketidak seimbangan tegangan menggunakan Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation. Sinyal arus motor induksi 3 phasa di klasifikasikan menjadi tujuh kondisi sinyal arus motor induksi, yaitu kondisi normal, 9%, 6%, 3% Over Voltage serta 9%, 6%, 3% Under Voltage dengan tiga tahap pemrosesan data yaitu pengolahan data menggunakan Wavelet, dan Fast Fourier Transform (FFT) untuk mendapatkan sinyal arus dengan detail domain waktu dan domain frekuensi, kedua proses penentuan fitur menggunakan statistic dan proses ekstrasi fitur menggunakan metode Principle Component Analysis (PCA). Setelah melakukan beberapa percobaan didapatkan arsitektur jaringan saraf tiruan yang paling baik untuk digunakan dalam proses identifikasi karakteristik sinyal arus motor yaitu dengan konfigurasi fungsi aktifasi 4 hidden layer Tansig, 1 hidden layer Purelin, learning rate 0.01 dan banyaknya neuron hidden layer 50. Arsitektur jaringan tersebut menghasilkan MSE sebesar 0,00010 dengan waktu training 22 detik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Teknik > Teknik Elektro
    T Technology > Teknik Elektro
    Divisions: Fakultas Teknik
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:04
    Last Modified: 04 May 2017 15:04
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21378

    Actions (login required)

    View Item