UDiNus Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN HEALHT LITERACY PADA SISWA SMAN 5 DAN SMA SULTAN AGUNG 01 DI KOTA SEMARANG TAHUN 2016

MARIA, DOLOROSA MAGDALENA (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN HEALHT LITERACY PADA SISWA SMAN 5 DAN SMA SULTAN AGUNG 01 DI KOTA SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Health literacy yang didefinisikan sebagai kemampuan untuk mendapatkan, memproses, dan memahami informasi kesehatan. Penelitian health literacy pada remaja sangat penting mengingat health literacy akan membantu mereka memelihara kesehatan dan mendapatkan kualitas hidup yang baik pada usia selanjutnya. Dalam penelitian ini tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah mengetahuifaktor-faktor yang berhubungan dengan health literacy pada siswa SMAN 5 dan SMA Sultan Agung 1 di Kota Semarangtahun 2016. Populasi dalam penelitian ini adalahsiswa kelas X dan XI SMAN 5 Semarang dan SMA Sultan Agung 1.Sampel dalam penelitian ini berjumlah140 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner yang diolah dengan spss menggunakan uji chi square, desain yang digunakan kuantitatif dan dan berjenis Cross Sectional. Hasil penelitian ini menunjukanterdapat dua variabel yang berhubungan dengan health literacy yaitu pada variabel pelatihan Medis dengan nilai (p value 0,023)danpada variabel extrakuler siswa (p value0,031), tiga variabel lainya meliputiumur (p value 0,717), jenis kelamin (p value 0,479)dan jurusan (p value 0,123)tidak ada hubungan denganhealth literacy. Perlu adanya dukungan keluarga untuk mendapatkan pelatihan-pelatihan medis. Dengan adanya dukungan keluarga akan mempengaruhi keputusan anak dalam peningkatan pengetahuan anak dalam kesehatan. Di setiap extrakuler atau organisasi sebaiknya mengadakan diskusi kesehatan untuk meningkatkan health literacy siswa.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:07
    Last Modified: 04 May 2017 15:07
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21396

    Actions (login required)

    View Item