UDiNus Repository

HUBUNGAN ANTARA PEMIKIRAN DAN PERASAAN PASIEN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS NGEMPLAK SIMONGAN SEMARANG TAHUN 2016

ULIYAH, AMRULLAH NUR (2016) HUBUNGAN ANTARA PEMIKIRAN DAN PERASAAN PASIEN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS NGEMPLAK SIMONGAN SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Fasilitas pelayanan kesehatan adalah suatu tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan/atau masyarakat. Diperoleh data dari 10 pasien menggunakan fasilitas Puskesmas Ngemplak Simongan Semarang ketika sakit. 8 dari 10 pasien menyatakan alasan menggunakan fasilitas Puskesmas Ngemplak Simongan Semarang karena jarak yang dekat dari rumah, tanpa biaya (gratis), memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh pemerintah serta pelayanan yang memuaskan sehingga pasien datang kembali saat berobat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara pemikiran dan perasaan pasien dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di Puskesmas Ngemplak Simongan Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Lokasi penelitian di Puskesmas Ngemplak Simongan Semarang. Jumlah sampel 99 responden. Sampel diambil secara Purposive Sampling dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan analisis dilakukan dengan menggunakan Uji Chi Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar pasien memiliki pemikiran (pengetahuan pasien) terhadap pemanfaatan pelayanan cukup (61,6%), perasaan (pengalaman pasien) terhadap pemanfaatan pelayanan cukup (65,7%). ada hubungan antara pemikiran dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di Puskesmas Ngemplak Simongan Semarang (p value 0,000), ada hubungan antara perasaan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di Puskesmas Ngemplak Simongan Semarang (p value 0,000). Disarankan kepada petugas Puskesmas Ngemplak Simongan Semarang tahun 2016 untuk meningkatkan pelayanan agar pasien dapat memaksimalkan pemanfaatan pelayanan kesehatan. Misalnya petugas harus professional (ramah,cekatan) dalam melayani pasien, serta meningkatkan fasilitas/sarana kesehatan untuk memberikan kepuasan kepada pasien. Kata Kunci : Pemikiran dan Perasaan, Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Kepustakaaan : 23 (1999 – 2014)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:08
    Last Modified: 04 May 2017 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21404

    Actions (login required)

    View Item