UDiNus Repository

TINJAUAN PELAKSANAAN PELEPASAN INFORMASI MEDIS UNTUK K EPERLUAN VISUM ET REPERTUM DARI ASPEK TEORI HUKUM KESEHATAN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG TAHUN 2016.

NETYARA, ANGGRAENI (2016) TINJAUAN PELAKSANAAN PELEPASAN INFORMASI MEDIS UNTUK K EPERLUAN VISUM ET REPERTUM DARI ASPEK TEORI HUKUM KESEHATAN DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang adalah salah satu rumah sakit yang mengadakan Visum Et Repertum. Survei awal menunjukkan terdapat pihak peminta visum tidak mengambil hasil visum yang telah dibuat, hal tersebut mengakibatkan terjadinya penumpukan hasil visum. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pelepasan informasi medis untuk keperluan visum et repertum yang ditinjau dari aspek teori hukum kesehatan di Rumah Sakit Sultan Agung Semarang tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan retrospektif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Populasi penelitian berasal pelaksanaan pelayanan visum et repertum pada triwulan I tahun 2016 dengan subyek 3 orang petugas yang meliputi salah satu dokter UGD, Petugas rekam medis, dan kepala instalasi rekam medis di rumah sakit islam sultan agung semarang. Objek penelitian adalah 12 kasus diambil dari jumlah pemintaan visum et repertum triwulan I tahun 2016. Pelaksanaan pelepasan informasi medis untuk keperluan visum et repertum di Rumah Sakit Sultan Agung sudah sesuai dengan prosedur tetap. Pelaksanaan visum di rumah sakit sudah sesuai dengan standar prosedur operasional. Kesesuaian antara teori Hukum Kesehatan dengan pelaksanaan visum sudah sesuai dengan teori hukum kesehatan. Saran yang di berikan adalah diperlukan adanya penambahan pernyataan-pernyataan pada prosedur tetap tentang adanya konfirmasi pengambilan hasil visum, membuat langkah-langkah bagi petugas dalam melayani permintaan visum et repertum.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:08
    Last Modified: 04 May 2017 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21409

    Actions (login required)

    View Item