UDiNus Repository

TINJAUAN PELAYANAN PENYEDIAAN DOKUMEN REKAM MEDIS (DRM) RAWAT JALAN PASIEN LAMA KE POLIKLINIK BERDASARKAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DI RSUD RAA SOEWONDO PATI TAHUN 2016

ANDI, MARYANI (2016) TINJAUAN PELAYANAN PENYEDIAAN DOKUMEN REKAM MEDIS (DRM) RAWAT JALAN PASIEN LAMA KE POLIKLINIK BERDASARKAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DI RSUD RAA SOEWONDO PATI TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4078b) | Preview

    Abstract

    Berdasarkan survei awal, terdapat 7/10 dokumen rekam medis memerlukan waktu penyediaan ? 15 menit. Hal tersebut tidak sesuai dengan standar waktu pelayanan penyediaan dokumen rekam medis yang ditetapkan oleh rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran dokumen rekam medis rawat jalan pasien lama ke poliklinik berdasarkan Standar Operasional Prosedur di RSUD RAA Soewondo Pati. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode observasi dan wawancara. subjek penelitian ini adalah 1 orang kepala rekam medis dan 4 orang petugas filing rawat jalan di RSUD RAA Soewondo Pati. Sedangkan objek penelitian adalah jumlah dokumen rekam medis pada tahun 2016 dan standar prosedur operasional tentang prosedur pelayanan dokumen rekam medis di filing rawat jalan. Berdasarkan hasil penelitian, Petugas filing tidak melakukan tugasnya sesuai dengan standar prosedur operasional karena tidak memahami isi dari standar prosedur operasional tersebut. Terdapat 68 dari 95 dokumen rekam medis (71,58%) dengan waktu pelayanan > 10 menit dengan rata-rata waktu penyediaan 17 menit. Saran penelitian ini yaitu Rumah sakit sebaiknya melakukan pemasangan standar prosedur operasional pada setiap bagian. Rumah sakit mempertimbangkan penggunaan tracer pada bagian filing dan melakukan evaluasi terhadap bagian distribusi agar waktu yang digunakan untuk pelayanan DRM lebih efisien.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:08
    Last Modified: 04 May 2017 15:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21410

    Actions (login required)

    View Item