UDiNus Repository

Rancangan Pemetaan Penyakit Demam Berdarah (DBD) berbasis Sistem Informasi Geografis di Puskesmas Bulu Lor Semarang Tahun 20011-015

GABRIELA, NDOEN OHELGA (2016) Rancangan Pemetaan Penyakit Demam Berdarah (DBD) berbasis Sistem Informasi Geografis di Puskesmas Bulu Lor Semarang Tahun 20011-015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4078b) | Preview

    Abstract

    Penggunaan Sistem Informasi Geografis di Puskesmas Bulu Lor sangat membantu dalam proses identifikasi penyebaran penyakit di daerah-daerah yang paling besar penyebarannya sehingga petugas kesehatan dapat memberikan penanganan yang optimal kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini ialah untuk merancang suatu pemetaan yang mampu menyajikan laporan penyakit berbasis sistem informasi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah laporan tahunan penyakit demam berdarah tahun 2011-2015 dan wawancara dengan petugas puskesmas yang menangani masalah DBD. Berdasarkan hasil pemetaan dengan menggunakan aplikasi Mapinfo, pasien laki-laki, wilayah kelurahan PanggungLor, dan pasien dengan kategori umur anak sekolah (6-12 tahun) yang paling rentan terkena Demam Berdarah (DBD). Jenis data yang digunakan adalah data karakter (data tentang wilayah kelurahan dan jenis kelamin pasien) dan data integer (data jumlah pasien dan umur pasien) . Laporan tersebut merupakan laporan tahunan tentang data kesakitan hasil dari laporan bulanan (LB1). Saran yang diberikan adalah pelaporan sebaiknya dibuat berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) agar pola penyebaran penyakit dapat dengan mudah diketahui, sehingga pelayanan dapat diberikan secara cepat dan optimal.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:09
    Last Modified: 04 May 2017 15:09
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21413

    Actions (login required)

    View Item