UDiNus Repository

“Analisis Pelaksanaan Pengendalian Ketidaklengkapan Dokumen Rekam Medis Rawat Inap di RS Bhayangkara Semarang tahun 2016 “

ELISABET, ADRIANI YENNIA (2016) “Analisis Pelaksanaan Pengendalian Ketidaklengkapan Dokumen Rekam Medis Rawat Inap di RS Bhayangkara Semarang tahun 2016 “. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Di Rumah Sakit Bhayangkara pada bagian assembling masih ditemukan dokumen rekam medis yang belum lengkap pengisiannya disebabkan karena sistem Pengendalian Ketidaklengkapan DRM belum dilaksanakan sesuai dengan prosedur tetap yang ditetapkan oleh rumah sakit , sehingga berdampak pada kegiatan analising/reporting dalam membuat laporan serta dapat mempengaruhi tingkat mutu pelayanan rekam medis di rumah sakit . Peneliti tertarik untuk melakukan analisa pelaksanaan pengendalian ketidaklengkapan Dokumen rekam medis rawat inap dengan tujuan untuk mengetahui kepatuhan petugas assembling dalam melaksanakan pengendalian Dokumen rekam medis rawat inap yang tidak lengkap Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. pengambilan data secara observasi dengan menggunakan metode cross sectional. Populasi yang diamati adalah petugas rekam medis bagian assembling sebanyak dua petugas dan satu kepala rekam medis dan pelaksanaan pengendalian ketidaklengkapan dokumen rekam medis rawat inap Instrument penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi untuk mengetahui kepatuhan petugas assembling dalam melaksanakan pengendalian ketidaklengkapan dokumen rekam medis rawat inap dan pedoman wawancara terhadap petugas assembling dan kepala rekam medis. Berdasarkan hasil penelitian petugas belum memahami pengetahuan tentang pengendalian ketidaklengkapan. Pelaksanaan pengendalian ketidaklengkapan dokumen rekam medis rawat inap Rumah Sakit Bhayangkara Semarang belum sesuai dengan protap. Di Rumah Sakit Bhayangkara tidak ada kebijakan terkait pengendalian ketidaklengkapan. Faktor kendala yang mempengaruhi pengendalian adalah faktor Man dan faktor matherial. Untuk meningkatkan mutu pelayanan di rekam medis dan pelaksanaan pengendalian ketidaklengkapan DRM dapat dilakukan secara maksimal perlu adanya monitoring kepatuhan petugas assembling terhadap protap dan dibuat kebijakan terkait pengendalian ketidaklengkapan DRM .

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:11
    Last Modified: 04 May 2017 15:11
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21427

    Actions (login required)

    View Item