UDiNus Repository

KINERJA PETUGAS KESEHATAN DALAM CAKUPAN PEMBERIAN IMUNISASI CAMPAK UNTUK ANAK USIA PRASEKOLAH DI WILAYAH PUSKESMAS KOTA SEMARANG TAHUN 2016

JEMPOL, NAWIPA (2016) KINERJA PETUGAS KESEHATAN DALAM CAKUPAN PEMBERIAN IMUNISASI CAMPAK UNTUK ANAK USIA PRASEKOLAH DI WILAYAH PUSKESMAS KOTA SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Anak adalah investasi masadepan, dari survei awal di Puskesmas Genuk Semarang tahun 2015 didapati bahwa ada permasalahan karena belum sampai usia 9 bulan orang tua dari anak pindah ketempat lain karena masa kerjanya habis sehingga data anak sering tidak laporkan ke pihak petugas kesehatan kemudian diimunisasikan diluar wilayah seperti ditempat Balai Pengobatan Mandiri (BPM) sehingga terjadi Drop Out (DO) yaitu pada triwulan 1 dengan sasaran bayi 402 dan standar target yang harus diharapkan 22.5% atau target 90% namun hasil cakupan imunisasi campak yang telah diperoleh dibawah target 22.5% yaitu 22.4% sehingga tidak mencapai Universal Child Immunization (UCI) dimungkinkan waktu imunisasi orang tuapindah. Populasi dalam penelitian ini adalah petugas imunisasi campak di setiap Pusksmas Wilayah Kota Semarang. Sampel dalam penelitian adalah berjumlah 37 petugas imunisasi namun dilakukan 27 petugas saja karena 10 petugas ada kendala saat pelaksanaan, instrumen penelitian yaitu menggunakal kuesioner yang diteliti dengan menggunakan Aplikasi Microsoft Office Excel. Hasil penelitian menunjukan terdapat 5 variabel yaitu karakterististik responden, sikap, peran, keterampilan dan kinerja sehingga dapat dijelaskan bahwa tenaga kesehatan dengan berusia 25-40 tahun yaitu sejumlah 14 orang (52%), yang berpendidikan Diploma sebanyak 20 orang (74%), yang berjenis kelamin perempuan yaitu 23 orang (86%), yang menyatakan setuju paling banyak yaitu 81%, sikap berdomian menjawab yaitu 81% dan 51%, peran berdominan menjawab kecuali item ke-3 dan ke-2 sebanyak 7% dan 33%, keterampilan berdominan menjawab kecuali item ke-1& ke-8 yaitu 29% dan 11% dan item ke-2, ke-3 dan ke-6 yaitu 0% dan Peran yang banyak menjawab pada item ke-10 yaitu (100%) dan sedikit pada item ke-7 (11%). Petugas Kesehatan / koordinator imunisasi memberikan informasi dan membuka jam posyandu, memberikan penyuluhan dan mengajak kepada ibu-ibu penggerak PKK, kader untuk mengangkat cakupan imunisasi campak.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:11
    Last Modified: 04 May 2017 15:11
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21434

    Actions (login required)

    View Item