UDiNus Repository

EFEK PESAN KESEHATAN MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP HEALTH LITERACY SISWA DI SMAN 5 SEMARANG DAN SMA SULTAN AGUNG DI SEMARANG

DEBBY, APRILIANAWATI (2016) EFEK PESAN KESEHATAN MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP HEALTH LITERACY SISWA DI SMAN 5 SEMARANG DAN SMA SULTAN AGUNG DI SEMARANG. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4073b) | Preview

    Abstract

    promosi kesehatan yang baik adalah media yang mampu memberikan informasi atau pesan-pesan kesehatan yang sesuai dengan tingkat penerimaan sasaran sehingga sasaran mau dan mampuuntuk mengubah perilaku sesuai dengan pesan-pesan yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek pesan kesehatan melalui media sosial terhadap Health Literacysiswa di SMA N 5 Semarang dan SMA Sultan Agung 1 di Semarang. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan berjenis Quasi Eksperimental. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar kuesoner HL EU 16Q dan menggunakan pedoman FGD. Variabel yang diukur yaitu pesan kesehatan melalui media online yang dihubungkan dengan Health Literacy. Data primer dianalisa dengan menggunakan uji Wilcoxon. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 46 siswa SMA N 5 Semarang dan SMA Sultan Agung 1 di Semarang. Pesan kesehatan yang diperlukan oleh siswa SMA yang paling dominan pada saat pretest adalah kategori cukup mudah yaitu pada item Memahami apa yang dokter jelaskan, menggunakan informasi yang diperlukan oleh dokter, dan memahami informasi di media tentang bagaimana menjadi lebih sehat dengan presentase sebesar 69,6%. Pesan kesehatan melalui media sosial mempunyai efek yang signifikan terhadap health literacy siswaSMA (thitung 2,57, p = 0,013)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:12
    Last Modified: 04 May 2017 15:12
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21441

    Actions (login required)

    View Item