UDiNus Repository

Peran orang tua dan peran guru terhadap praktik perilaku hidup bersih dan sehat pada anak sekolah dasar karanganyar 01 Semarang

RENITA, TRIASTI TRISNA (2017) Peran orang tua dan peran guru terhadap praktik perilaku hidup bersih dan sehat pada anak sekolah dasar karanganyar 01 Semarang. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PERAN ORANG TUA DAN PERAN GURU TERHADAP PRAKTIK PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI KARANGANYAR 01 SEMARANG XII + 80 Halaman+ 14 Tabel + 2 Gambar + 3 Lampiran Perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah. Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan salah satu faktor penting dalam pendidikan anak sekolah dasar untuk pembentukan perilaku kesehatan sejak dini di institusi pendidikan dan untuk memberdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat. Untuk mengurangi berbagai macam penyakit yang timbul akibat perilaku yang buruk seperti cacingan, anemia dan diare. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dan peran guru terhadap praktik perilaku hidup bersih dan sehat pada anak sekolah dasar di karanganyar 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Explanatory Survey dengan rancangan desain Cross Sectional Study. populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi sekolah dasar kelas III-V usia 8-12 tahun. Total populasi yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 33 siswa-siswi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara peran orang tua terhadap kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat siswa-siswi kelas III-V (p-value = 0,040) dan peran guru terhadap kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat siswa-siswi kelas III-V (p-value = 0,008) di sekolah dasar karanganyar 01 Semarang. Pihak sekolah perlu menanamkan kesadaran dan membentuk perilaku hidup bersih dan sehat dengan memberdayakan siswa, guru dan orang tua agar tahu, mau dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari serta menyediakan sarana dan prasarana perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:12
    Last Modified: 04 May 2017 15:12
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21451

    Actions (login required)

    View Item