UDiNus Repository

ANALISA PELAKSANAAN PENGENDALIAN KETIDAKLENGKAPAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP DI RSUD SOEDOMO KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2016

TRI, UTOMO BUDI (2017) ANALISA PELAKSANAAN PENGENDALIAN KETIDAKLENGKAPAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP DI RSUD SOEDOMO KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Di Rumah Sakit Dr.Soedomo Kab.Trenggalek bagian assembling terdapat dokumen rekam medis yang pengisiannya belum lengkap dan pengembalian dokumen tidak tepat waktu karena sistem pengendalian ketidaklengkapan DRM belum dilaksanakan sesuai protap Rumah Sakit, sehingga berdampak pada pembuatan laporan pada bagian analising/reporting dan dapat mempengaruhi mutu pelayanan rekam medis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepatuhan petugas assembling dalam melaksanakan pengendalian Dokumen rekam medis rawat inap yang kurang lengkap. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. metode pengambilan data dengan observasi. Subjek penelitian yang diamati adalah 4 petugas assembling dan kepala rekam medis. Objek penelitian adalah pelaksanaan pengendalian DRM rawat inap. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian di RSUD Dr. Soedomo pengendalian DRM rawat inap belum sesuai dengan protap. Sudah ada kebijakan terkait ketidaklengkapan rekam medis tapi belum maksimal. Faktor yang mempengaruhi pengendalian ketidaklengkapan dokumen rekam medis adalah faktor Man dan faktor Material. Untuk meningkatkan mutu pelayanan di rekam medis, maka perlu dilakukan evaluasi dan monitoring pada kebijakan yang sudah ada dan Standar Operasional Prosedur tentang kepatuhan petugas assembling.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:12
    Last Modified: 04 May 2017 15:12
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21452

    Actions (login required)

    View Item