UDiNus Repository

ANALISA KELENGKAPAN DATA REKAM MEDIS RAWAT INAP PASCA AKREDITASI KARS DI RUMAH SAKIT HERMINA PANDANARAN SEMARANG JUNI 2016

DANIE, FEBRIANA AYU (2017) ANALISA KELENGKAPAN DATA REKAM MEDIS RAWAT INAP PASCA AKREDITASI KARS DI RUMAH SAKIT HERMINA PANDANARAN SEMARANG JUNI 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Akreditasi Rumah sakit adalah pengakuan yang diberikan kepada rumah sakit oleh Pemerintah melalui badan berwenang karena rumah sakit telah memenuhi standar pelayanan yang telah ditentukan. Rumah Sakit Hermiana Pandanaran Semarang merupakan rumah sakit tipe C milik swasta yang telah terakreditasi dengan Akreditasi Paripurna. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kelengkapan pengisian dokumen rekam medis secara kualitatif dan kuantitatif pada kelengkapan data rekam medis pasca akreditasi KARS tahun 2016 di Rumah Sakit Hermina Pandanaran Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan crosssectional dan pengumpulan data dengan cara observasi, checklist, pedoaman wawancara dan melakukan analisa terhadap dokumen rekam medis rawat inap pada pasien yang telah diisi. Sampel penelitian adalah 72 dokumen rekam medis rawat inap. Hasil penelitian ketidaklengkapan secara kuantitatif pada setiap review menunjukan review identifikasi dan review autentikasi adalah 0%, review pencatatan dan review pelaporan adalah 11% dan 15%, secara kualitatif pada setiap review menunjukan review kelengkapan dan konsistensi diagnosa, konsistensi pencatatan diagnosa, pencatatan saat perawatan dan pengobatan, adanya informed consent, cara/praktek pencatatan dan hal-hal yang berpotensi menyebabkan ganti rugi adalah 0%. Kesimpulan, dari hasil perhitungan masih ada beberapa dokumen rekam medis yang tidak lengkap dalam pengisian. Saran, dokter dan perawat saling mengingatkan dalam pengisian dokumen rekam medis .

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:12
    Last Modified: 04 May 2017 15:12
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21453

    Actions (login required)

    View Item