UDiNus Repository

ANALISA KUANTITATIF DAN KUALITATIF DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP PADA KASUS PENYAKIT DIABETES MELITUS DI RST BHAKTI WIRA TAMTAMA SEMARANG PERIODE IV TAHUN 2015

KHOERUNNISAK, (2017) ANALISA KUANTITATIF DAN KUALITATIF DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP PADA KASUS PENYAKIT DIABETES MELITUS DI RST BHAKTI WIRA TAMTAMA SEMARANG PERIODE IV TAHUN 2015. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Berdasarkan survei awal di Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang, hasil analisa kuantitatif pada 10 dokumen rekam medis kasus diabetes melitus menunjukkan bahwa 40% dokumen tidak baik, tulisan dokter dan perawat tidak bisa di baca pada review pencatatan, 40% tidak lengkap pada review identifikasi, 50% tidak lengkap pada review autentifikasi, dan p 50% tidak lengkap ada review pelaporan. Hasil analisa kualitatif menunjukkan 100% dokumen rekam medis lengkap dan akurat .Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui gambaran ketidaklengkapan pengisian dokumen rekam medis rawat inap pada kasus penyakit diabetes melitus di Rumah Sakit Tentara Bhakti Wira Tamtama Semarang periode IV tahun 2015. DIII Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Fakultas Kesehatan, Universitas Dian Nuswantoro Semarang 2016 Abstrak KHOERUNNISAK ANALISA KUANTITATIF DAN KUALITATIF DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP PADA KASUS PENYAKIT DIABETES MELITUS DI RUMAH SAKIT TENTARA BHAKTI WIRA TAMTAMA SEMARANG PERIODE IV TAHUN 2015 99 hal + 13 tabel + 4gambar + 14 lampiran Jenis penelitian ini adalah deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah 336 Dokumen Rekam Medis dengan jumlah sampel sebesar 77 Dokumen Rekam Medis. Berdasarkan hasil analisa kuantitatif dan kualitatif dari 77 dokumen rekam medis rawat inap yang diteliti terdapat 69 dokumen yang tidak lengkap (80,61%) dan 8 dokumen lengkap (10,38%) . Untuk meningkatkan mutu pelayanan pada kelengkapan dokumen rekam medis, Rumah Sakit perlu melakukan sosialisasi prosedur tetap dalam pengisian dokumen rekam medis pada dokter dan perawat yang bertanggung jawab, membuat prosedur tetap di bagian rekam medis mengenai apa saja yang perlu di buat dalam analisa kuantitatif dan kualitatif dokumen rekam medis rawat inap dalam bentuk checklist.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:12
    Last Modified: 04 May 2017 15:12
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21454

    Actions (login required)

    View Item