UDiNus Repository

TINJAUAN PELAKSANAAN PROSEDUR PERMINTAAN INFORMASI MEDIS UNTUK KEPERLUAN VISUM ET REPERTUM DARI ASPEK TEORI DI RUMAH SAKIT PANTI WILASA Dr. CIPTO SEMARANG TAHUN 2016

NUR, RAHMAN ASTUTI (2017) TINJAUAN PELAKSANAAN PROSEDUR PERMINTAAN INFORMASI MEDIS UNTUK KEPERLUAN VISUM ET REPERTUM DARI ASPEK TEORI DI RUMAH SAKIT PANTI WILASA Dr. CIPTO SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK TINJAUAN PELAKSANAAN PROSEDUR PERMINTAAN INFORMASI MEDIS UNTUK KEPERLUAN VISUM ET REPERTUM DARI ASPEK TEORI DI RUMAH SAKIT PANTI WILASA Dr. CIPTO SEMARANG TAHUN 2016 NUR ASTUTI RAHMAN Visum et repertum adalah keterangan yang dibuat oleh dokter atas permintaan penyidik yang berwenang mengenai hasil pemeriksaan medis terhadap manusia hidup maupun mati ,ataupun bagian/diduga bagian tubuh manusia. Proses permintaan informasi medis memerlukan prosedur/protap. Salah satu prosedur adalah Penyidik dan penyidik pembantu, syarat-syarat untuk keperluan visum et repertum yaitu penyidik berpangkat Letnan Dua polisi dan penyidik pembantu (Pejabat polisi Negara RI tertentu yang sekurang-kurangnya berpangkat Sersan Dua Polisi). Penelitian yang digunakan adalah deskriftif. Penelitian dilakukan di bagian rekam medis Rumah Sakit Panti Wilasa dr.Cipto Semarang. Subjek penelitian adalah petugas rumah sakit. Objek Penelitian adalah visum et repertum dan protap. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara mengenai protap visum et repertum di Rumah Sakit Panti Wilasa dr.Cipto Semarang, Terdapat kesesuaian antara pelaksanaan prosedur dengan teori. Ada yang sudah sesuai dan belum sesuai dengan prosedur secara teori. Petugas rumah sakit belum memahami pentingnya penyidik pembantu dan pangkatnya, dan tidak ada nama terang kepala rekam medis untuk penyerahan hasil visum et repertum. Saran yang diberikan adalah Protap permintaan Visum et repertum dan syarat-syarat permintaan visum et repertum yang sudah ada di Rumah Sakit Panti Wilasa dr.Cipto Semarang perlu di revisi karna ada yang belum sesuai dengan standar prosedur menurut teori. Kata Kunci : Standar Prosedur Operasional Pembuatan Visum Et Repertum, dan Surat Visum Et Repertum. Referensi : 26 (1975-2014)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:12
    Last Modified: 04 May 2017 15:12
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21456

    Actions (login required)

    View Item