UDiNus Repository

Faktor - Faktor Penyebab Kendala Pelayanan Pasien Rawat Jalan di TPPRJ Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Tahun 2016

GEBBY, DARI WULAN (2017) Faktor - Faktor Penyebab Kendala Pelayanan Pasien Rawat Jalan di TPPRJ Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Tahun 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Rumah Sakit mempunyai misi memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, salah satunya melalui waktu tunggu pasien yang cepat. Salah satu dimensi mutu pelayanan kesehatan adalah akses terhadap pelayanan yang ditandai dengan waktu tunggu pasien. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang faktor - faktor penyebab kendala pelayanan pasien rawat jalan di TPPRJ Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Periode Tahun 2016 dan menganalisis lama waktu tunggu ( proses kedatangan, pelayanan, sumber daya manusia ) pelayanan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Berdasarkan hasil penelitian selama 1 jam dari pendaftaran di TPPRJ hingga dipanggil dokter di tempat tunggu URJ adalah, dari 10 pasien terdapat 8 orang pasien yang mengeluh terhadap waktu tunggu pelayanan yang dianggap lama. Berdasarkan ketentuan di RSI Sultan Agung Semarang waktu tunggu pasien dari pendaftaran hingga mendapatkan pelayanan RJ / dipanggil dokter adalah 25 menit. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional.Objek penelitian adalah pasien yang datang ke TPPRJ RSI Sultan Agung Semarang dan petugas TPPRJ. Sampel yang di gunakan dalah 100 pasien untuk menghitung waktu tunggu dan mengetahui penyebab kendala pelayanan pasien di TPPRJ RSI Sultan Agung Semarang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan accidental sampling. Cara pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan tabel waktu tunggu menghitung waktu tunggu. Berdasarkan hasil pengamatan di RSI Sultan Agung Semarang waktu tunggu pasien dari pendaftaran hingga dipanggil dokter adalah 67,8 menit. Faktor-faktor yang mempengaruhi waktu tunggu yaitu persyaratan pasien yang tidak lengkap, pasien lama mengaku sebagai pasien baru, SIM dan printer error, pasien baru tidak mengisi formulir pendaftaran, dokter datang terlambat, dokter sibuk dengan kegiatan operasi pasien lain dan visite, dokter dinas di 2 RS atau lebih. Saya merekomendasikan agar adanya PROTAP mengenai waktu tunggu pasien RJ dari pasien mendaftar hingga dipanggil dokter, evaluasi kinerja dokter dan jadwal praktek dokter, dan perlunya komunikasi antara dokter, perawat, bagian Rekam Medis dan petugas TPPRJ, agar mengurangi lamanya waktu tunggu pasien di ruang tunggu URJ dan meningkatkan mutu pelayanan di TPPRJ dan RJ.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:12
    Last Modified: 04 May 2017 15:12
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21457

    Actions (login required)

    View Item