UDiNus Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA DI DEPARTEMEN PRODUKSI DI PT. UTAMA CORE ALBASIA DI KECAMATAN CANGKIRAN TAHUN 2016

TITIN, SUMARTINI (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN KECELAKAAN KERJA PADA PEKERJA DI DEPARTEMEN PRODUKSI DI PT. UTAMA CORE ALBASIA DI KECAMATAN CANGKIRAN TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Menurut data ILO tahun 2013 tercatat lebih dari 2,44 juta orang didunia meninggal dunia akibat kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Sekitar 321.000 akibat kecelakaan kerja dan sekitar 2,02 juta akibat penyakit akibat kerja. Proses pengolahan kayu dan kebiasaan pekerja tentunya mempunyai risiko yang berdampak negatif yaitu terjadinya kecelakaan kerja akibat dari kelalaian pekerja atau lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian kecelakaan pada pekerja di departemen produksi PT. Utama Core Albasia di Cangkiran Tahun 2017. Penelitian ini dibuat secara kuantitatif dengan rancangan survei analitik dan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja di PT. Utama Core Albasia. Sampel penelitian yang diambil jumlahnya sebanyak 71 pekerja diambil dengan teknik area sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis dengan menggunakan uji statistik rank spearman, Chi Square dan fisher's exact test. Hasil statistik yang ditunjukkan dari analisis bivariat, dapat diketahui bahwa usia produktif lebih sering mengalami kecelakaan (54,4%) sebanyak 37 orang. Sedangkan berdasarkan jenis kelamin, pria lebih sering mengalami kecelakaan (53,5%) dibandingkan wanita. Untuk tingkat pendidikan, pendidikan SMA (61,5%), diikuti dengan pendidikan SD (57,7%) kemudian SMP (36,8%) dalam hal kecelakaan kerja. Lama kerja yang sesuai dengan Undang-Undang dan yang tidak sesuai, tingkat kecelakaan kerja hampir sama yaitu sekitar 53%.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:13
    Last Modified: 04 May 2017 15:13
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21463

    Actions (login required)

    View Item