UDiNus Repository

ANALISA KEBUTUHAN TENAGA KERJA DIBAGIAN ASSEMBLING BERDASARKAN METODE WISN DI RSUD AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2016

BAYU, FAUZAN (2017) ANALISA KEBUTUHAN TENAGA KERJA DIBAGIAN ASSEMBLING BERDASARKAN METODE WISN DI RSUD AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (5Kb) | Preview

    Abstract

    PROGRAM STUDI DIII REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG 2016 ABSTRAK BAYU FAUZAN ANALISA KEBUTUHAN TENAGA KERJA DI BAGIAN ASSEMBLING BERDASARKAN METODE WISN DI RSUD AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG PADA TAHUN 2016 xix+ 86 halaman + 18 tabel + 4 gambar + 12 lampiran Bagian assembling di RSUD Ambarawa mempunyai 2 petugas assembling dengan kegiatan pokok meregister DRM masukdaribangsal, merakitformulir – formulirpada DRM, menelitikelengkapan data pada DRMdanmenginputkelengkapan data kekomputer. Berdasarkan survei awal di bagian assembling RSUD Ambarawa Kabupaten Semarang masih ditemukan banyaknya dokumen yang masuk dan belum dirakit serta diteliti kelengkapannya dan ada tugas tambahan diluar tugas pokoknya sehingga tugas pokoknya tidak diselesaikan dengan baik. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mengetahuikebutuhantenagakerja di bagian assembling berdasarkanmetode WISN di RSUD AmbarawaKabupaten Semarang tahun 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, metode pengumpulan data yaitu dengan observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah 3 orang. objek penelitian adalah DRM pasien yang telah diserahkan ke petugas assembling. metode pengolahan data melalui tahap editing, tabulating dan analisis data secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan petugas assembling mengerjakan tugas pokoknya yaitu meregister DRM masuk, merakit DRM, menelitikelengkapan data DRM danmenginputhasilkelengkapan data kekomputer, waktu kerjatersediapadatahun 2016adalahpetugas A sebanyak92070 menit/tahun danpetugas B sebanyak92400 menit/tahun. Jumlah standar beban kerja petugas A dalam1tahunadalah 20.736,5 DRM danstandarbebankerjapetugas B dalam1 tahunadalah16.985,3 DRM.Kuantitaskegiatanpetugas assembling RSUD Ambarawatahun 2016 diperolehdalam1tahununtukpetugas A sebanyak 14.787 DRM/tahundanpetugas B sebanyak 14.560 DRM/tahun. Dengan perhitungan WISN diketahui jumlah kebutuhan tenaga kerja di bagian assembling tahun 2016 sebanyak 3 petugas sedangkan saat ini terdapat 2 petugas, sehingga perlu penambahan 1 petugas assembling. Sebaiknya petugas tidak melaksanakan tugas diluar tugas pokoknya agar kegiatan atau tugas pokoknya dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan SOP. Kata kunci : beban kerja, tenaga kerja, assembling, WISN Kepustakaan : 19 (1992 – 2011)

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:13
    Last Modified: 04 May 2017 15:13
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21464

    Actions (login required)

    View Item