UDiNus Repository

TINJAUAN ANALISA KUANTITATIF FORMULIR LAPORAN OPERASI PADA DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA SEMARANG PERIODE TRIWULAN IV TAHUN 2016

WILDA, WIJAYANTI RIZQIYA (2017) TINJAUAN ANALISA KUANTITATIF FORMULIR LAPORAN OPERASI PADA DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA SEMARANG PERIODE TRIWULAN IV TAHUN 2016. Skripsi,Fakultas Kesehatan.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Berdasarkan survei awal di bagian filing pada bulan Desember 2016 di Rumah Sakit Bhayangkara Semarang, peneliti menemukan beberapa DRM rawat inap dengan laporan operasi dengan penulisan yang tidak lengkap yaitu ditemukan adanya pengisian pada nama pasien, nama perawat, nama dokter ahli bedah, paraf dokter ahli bedah. Berdasarkan pengambilan 10 sampel laporan operasi pada dokumen rekam medis rawat inap berdasarkan review kuantitatif, dimana pada review identifikasi 30% tidak lengkap, review pelaporan 60% tidak lengkap, review pencatatan 50% tidak lengkap, review autentifikasi 60% tidak lengkap. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitaif dengan metode observasi dengan pendekatan cross sectional terhadap ketidaklengkapan pada formulir laporan operasidi Rumah Sakit Bhayangkara Semarang. Dengan pedoman observasi serta pedoman kuisoner terhadap dokter operasi, perawat anasteshi, serta petugas rekam medis dalam penulisan kelengkapan lembar formulir laporan operasi. Berdasarkan hasil penelitian pada kelengkapan pengisian tiap butir pada lembar formulir laporan operasi di Rumah Sakit Bhayangkara Semarang didapatkan persentase 80% (56 lembar) dari 70 lembar formulir laporan operasi yang tidak lengkap, serta 20 % (14 lembar) dari 70 lembar formulir laporan operasi yang lengkap sedangkan pada petugas sudah menguasai secara materi akan analisa kuantitatif pada lembar formulir laporan operasi, namun belum adanya kesadaran petugas dalam pelaksanaan analisa kuantitatif di kesehariannya. Di Rumah Sakit Bhayangkara Semarang tidak ada kebijakan terkait prosedur pengisian formulir laporan operasi. Faktor kendala yang mempengaruhi kelengkapan pengisian formulir laporan operasi adalah Man. Belum adanya kesadaran petugas dalam penerapan analisa dalam keseharian. Sehingga perlu adanya penjelasan dalam bentuk sosialisasi yang tertulis dalam protap mengenai pentingnya dari kelengkapan pengisian formulir laporan operasi.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Kesehatan > Rekam Medis dan Informatika Kesehatan
    Divisions: Fakultas Kesehatan
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 04 May 2017 15:13
    Last Modified: 04 May 2017 15:13
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/21466

    Actions (login required)

    View Item